get app
inews
Aa Read Next : M Bagja Jaya Wibawa Ditunjuk Jadi Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kota Bandung

Dikpol Angkatan ke-2, Kang Ace: Legislator Harus Jadi Aspirator-Katalisator Kepentingan Rakyat

Senin, 22 Juli 2024 | 13:15 WIB
header img
Ketua DPD Partai Golkar Jabar Tubagus Ace Hasan Syadzily saat membuka Dikpol Peningkatan Kapasitas Anggota DPRD Kabupaten/Kota Terpilih Angkatan ke-2. (FOTO: ISTIMEWA)

"Kami ingin saudara sekalian tahu tentang tugas dan fungsi sebagai anggota DPRD. Kemarin saya sampaikan pada dikpol angkatan pertama, bagi yang tidak mengikuti kegiatan ini, jangan berharap jadi pimpinan AKD (alat kelengkapan dewan). Saya minta nanti jangan direkomendasikan oleh partai untuk dilantik," ucapnya.

"Kenapa harus saya tegaskan, ketika saudara-saudara dilantik, tidak ada lagi dalam konteks pemilihan anggota legislatif itu atas nama individu. Semua harus tunduk dan loyal terhadap kebijakan partai. Sebab, walaupun saudara-saudara dipilih oleh rakyat, tapi kalau partai tidak mencalonkan, pasti tidak akan jadi anggota DPRD," tegas Kang Ace.

Kang Ace ingin anggota DPRD terpilih yang baru banyak belajar hal-hal positif kepada senior. Kurikulum yang disusun dan didesain Golkar Institut dalam dikpol ini menekankan pada tiga fungsi anggota DPRD, yaitu, pertama legislasi membuat peraturan, kedua controling atau mengawasi kebijakan pemerintah daerah, dan ketiga adalah budgeting atau penganggaran.

"Nanti saudara sekalian akan diberikan pengetahuan oleh narasumber berpengalaman, salah satunya MQ Iswara yang jago penganggaran. Kemudian, Yod Mintaraga yang telah 8 periode menjadi anggota DPRD Jabar," tuturnya.

"Hasil evaluasi yang kami lakukan kemarin, ternyata banyak yang enggak ngerti soal siklus anggaran APBD kapan diusulkan, perencanaan, boleh atau tidak pinjam uang ke bank. Ini kan lucu," ucap Kang Ace.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut