get app
inews
Aa Read Next : Pengmas FK Unjani dan FK Unpad Beri Edukasi Sindrom Metabolik ke Warga Cimahi

Teten Masduki Sebut Sektor Pertanian Terancam, Butuh Inkubator Inovasi Startup Agrikultur

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 15:15 WIB
header img
Menkop UKM Teten Masduki, keynote speaker Agrisummit 2024 di Graha Sanusi Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung. (FOTO: AGUS WARSUDI)

Agrisummit 2024 juga menghadirkan rangkaian kegiatan menarik, seperti, Business Connect, Talkshow, Expo, Launching Product, Job Fair, dan UMKM Festival. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang bagi para alumni untuk menampilkan produk-produk unggulan mereka, seperti PT Momenta Agrikultura (Amazing Farm) yang unggul di distribusi horticulture retail dalam negeri dan PT Profil Mitra Abadi (PMA) dengan produk Lewis's Organics yang telah menjangkau pasar produk pertanian organik eksport ke mancanegara. 

Kemudian, Yayasan Sukun Nusantara Sejahtera yang diinisiasi oleh Prof Ganjar Kurnia dan didirikan oleh Alumni Fakultas Pertanian Unpad, serta penelitian mendalam tentang ubi jalar oleh Prof Agung Karuniawan yang menjadi pembahasan penting dalam upaya pelestarian pangan lokal.

Sukun, sebagai salah satu komoditas pangan lokal yang diangkat dalam Agrisummit 2024, menunjukkan potensi besar baik dari segi kesehatan maupun ekonomi. Bukan hanya karena kegunaannya, kandungan gizi sukun bebas gluten namun juga terkait dengan ketangguhannya menghadapi perubahan iklim, menjaga lingkungan, dan alasan ekonomis yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian di dalam maupun luar negeri.

Ketua KAFP Unpad Arya Yudas mengatakan, Agrisummit 2024 dengan sponsor utama Bisi International Tbk PT, Musim Mas Group, PT Bayer Indonesia, PT Pupuk Kujang, dan Badan Pangan Nasional ini, berusaha untuk mengekspos pangan lokal sehingga mendukung program diversifikasi pangan dan menghubungkan berbagai lini usaha alumni Fakultas Pertanian Unpad. "Kami berharap melalui kegiatan ini, terjalin upaya nyata dalam peningkatan kedaulatan pangan Indonesia," kata Arya Yudas.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut