get app
inews
Aa Read Next : Kukuhkan TP2GD, Bey Harap Lebih Banyak Tokoh Jabar Jadi Pahlawan Nasional

Wakili Jabar, Bey Dukung Lutfhi dan Dyra di Ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2024

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 12:45 WIB
header img
Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin bersama dengan Duta Bahasa Jawa Barat 2024, Luthfi Abdul Hakim dan Dyra Daniera. (Foto: Ist)

Di tempat yang sama, Kepala Balai Bahasa Jabar, Herawati menjelaskan, program Duta Bahasa merupakan program pembinaan kebahasaan dan kesastraan bagi generasi muda yang bertujuan meningkatkan peran generasi muda dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing.

"Ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan para pemenang dari Provinsi Jawa Barat ini juga akan mewakili Jawa Barat untuk berlaga di tingkat nasional untuk menjadi Duta Bahasa Nasional," jelasnya.

"Salah satu tujuan dari program ini adalah memberikan contoh kepada para generasi muda. Jadi para Duta Bahasa memberikan contoh generasi muda yang bisa mengutamakan Bahasa Indonesia, lalu bisa melestarikan Bahasa Daerah dan di satu sisi bisa menguasai Bahasa Asing," tambahnya.

Herawati mengungkapkan, para Duta Bahasa ini terhimpun dalam Ikatan Keluarga Alumni Duta Bahasa Jabar dan memiliki program-program rutin yang terkait dengan upaya mewujudkan Trigatra Bangun Bahasa yaitu Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing.

"Salah satu program rutin Duta Bahasa ini adalah mereka membuat konten-konten kreatif yang bisa mereka sebar luaskan melalui media sosial untuk menggugah para generasi muda untuk menumbuhkan rasa cinta dan sikap positif mereka terhadap Bahasa Indonesia, bagaimana upaya mereka untuk mencintai Bahasa Daerah dan di satu sisi mereka juga berupaya untuk menguasai Bahasa Asing," tuturnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut