get app
inews
Aa Read Next : Besok Karnaval Kendaraan Hias Hari Jadi Kota Bandung Digelar, Kasatlantas: Hindari Rute Pawai

HUT ke-76 Polwan, Kapolrestabes Bandung: Polisi Wanita Bukan Sekadar Pelengkap

Senin, 02 September 2024 | 22:48 WIB
header img
Polwan yang bertugas di Polrestabes Bandung melaksanakan upacara peringatan Hari Jadi ke-76 Polwan. (FOTO: Humas Polrestabes Bandung)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono optimistis Polisi Wanita (Polwan) bisa berkarya dan berkarier lebih tinggi dari polisi laki-laki. Untuk itu, Polwa harus lebih transformatif, dinamis, dan profesional dalam melaksanakan tugas. 

Pernyataan itu disampaikan Kapolrestabes Bandung saat memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-76 Polwan di halaman Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin (2/9/2024). 

HUT Polwan tahun ini mengusung tema "Polwan Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas." 

"Saya berharap Polwan lebih dinamis dalam melaksanakan tugas. Bukan sekadar pelengkap. Saya percaya Polwan dapat berkarya dan berkarier lebih tinggi dari polisi laki-laki," kata Kapolrestabes. 

Kombes Budi menyatakan, pada HUT ke 76 ini, Polwan tidak hanya dituntut lebih profesional, tapi lebih dari itu, harus dapat menjalankan tugas secara tranformatif guna mendukung ekonomi inklusif demi peningkatan kinerja ekonomi negara menyosong Indonesia Emas 2045.

"Hal ini penting, untuk memperkuat bonus demografi menyongsong Indonesia emas. Untuk wujudkan ekonomi inklusif, masyarakat membutuhkan kepastian hukum, penegakan hukum, dan keamanan yang kuat," ujar Kombes Budi. 

Polwan, tutur Kapolrestabes Bandung, merupakan bagian pengembangan fungsi profesi Polri yang miliki peran sangat strategis dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) kondusif. 

"Kedudukan Polwan di tubuh Polri sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena itu, peran Polwan semakin beragam," tutur Kapolrestabes Bandung.

Saat ini, kata Kombes Budi, Polwan yang berdinas di Polrestabes Bandung, tercatat sebanyak 27 orang. Banyak dari Polwan-polwan itu memiliki prestasi dalam menjalankan tugas.  "Ada yang tergabung di tim perdamaian PBB di Sudan, atlet dan masih banyak lainnya," ucap Kombes Budi.

Budi berharap Polwan dapat terus memberikan kontribusi terbaik untuk institusi, negara, dan masyarakat. "Jadilah Srikandi yang mengharumkan institusi. Terus tingkatkan dan tunjukkan eksistensi dalam menjalankan tugas," ujarnya.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut