CIMAHI,iNews BandungRaya.id - BPJS Ketenagakerjaan turut meramaikan peringatan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) dengan menggelar berbagai kegiatan di seluruh kantor cabang di Indonesia.
Mereka juga mengajak para peserta untuk memanfaatkan kemudahan layanan digital.
Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September, dimanfaatkan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk hadir lebih dekat dengan para peserta. Tahun ini, BPJS Ketenagakerjaan mengusung tema 'Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi'.
Pada peringatan Hari Pelanggan Nasional kali ini, Dewan Pengawas (Dewas) BPJS Ketenagakerjaan Kushari Suprianto dan M Iman Nuril Hidayat Budi Pinuji, hadir langsung di cabang Cimahi.
Mereka hadir untuk menyapa dan mendengarkan kisah-kisah inspiratif dari peserta yang telah merasakan manfaat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.
Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan juga secara simbolis menyerahkan santunan kepada dua ahli waris yang meninggal karena kecelakaan kerja dan meninggal dunia karena sakit.
Kedua ahli waris mendapatkan santunan sebesar Rp364 juta dan Rp215 juta yang didalamnya termasuk beasiswa pendidikan untuk 2 orang anak.
"Saya berterima kasih kepada bapak ibu semua yang telah mempercayakan kepada kami untuk bisa menjamin jika terjadi suatu risiko selama bekerja. Ini menjadi tanggung jawab kita untuk memberikan pelayanan ke peserta dalam menggembalikan hak-hak bapak ibu semua. Saya tahu ini tidak bisa menggantikan kehadiran almarhum, namun saya berharap dapat membantu meringankan perekonomian keluarga,” kata Kushari.
M Iman Nuril Hidayat Budi Pinuji menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya memberikan manfaat untuk pekerja formal atau penerima upah. Tapi juga memberikan perlindungan kepada pekerja informal atau BPU dengan manfaat yang luar biasa.
“Alhamdulilah secara simbolis telah kita sampaikan hak-hak dari alhmarhum kepada keluarga. BPJS Ketenagakerjaan ada karena bapak ibu semua, sehingga jika ada yang kurang jangan ragu-ragu untuk menyampaikan saran-saran kepada kami," ucapnya.
Keluarga ahli waris tidak menyangka dan sangat terpukul karena ditinggalkan secepat itu oleh salah seorang anggota keluarganya. Namun keluarga bersyukur karena almarhum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang sudah memberikan perlindungan nyata bagi keluarga saya. Pelayanannya dari awal sampai selesai sangat memuaskan dan sangat terbantu dengan santunan beasiswa ini. Semoga anak-anak saya tetap dapat melanjutkan pendidikan sampai jenjang tertinggi,” tutur salah seorang keluarga ahli waris Rini.
Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cimahi, Ahmad Feisal Santoso mengatakan, turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan semoga amal baik almarhum diterima disisi Tuhan YME.
"Saya tahu ini tidak dapat menggantikan kehadiran almarhum, namun kami berharap santunan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh keluarga, anak-anak tetap dapat melanjutkan pendidikan sampai jenjang tertinggi," harapnya.
Dalam rangkaian Harpelnas BPJS Ketenagakerjaan juga membuka booth JMO di halaman Kantor untuk melayani peserta yang mengalami kendala terkait aplikasi JMO.
Selain itu, Dewan Pengawas beserta BPJS Ketenagakerjaan Cimahi juga mengunjungi pasien di Rumah Sakit Mitra Kasih yang mengalami kecelakaan kerja.
"Sekali lagi Selamat Hari Pelanggan Nasional 2024. Seluruh rangkaian kegiatan hari ini sekaligus sebagai bentuk dan ungkapan kepedulian serta memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan mengesankan. Layanan yang baik dan berkualitas tentu akan memberikan pengalaman dan kepercayaan yang baik kepada kami BPJS Ketenagakerjaan," ujar Feisal. (*)
Editor : Rizki Maulana