get app
inews
Aa Read Next : Banyak Diisi Wajah Baru, Berikut Daftar 120 Anggota DPRD Jabar yang Baru Dilantik

DPRD Jabar Resmi Bentuk 9 Fraksi, PSI Gabung ke Golkar

Jum'at, 06 September 2024 | 22:05 WIB
header img
DPRD Jawa Barat menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pengumuman Pembentukan Fraksi-Fraksi masa jabatan 2024-2029, Jumat (6/9/2024). (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - DPRD Jawa Barat menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pengumuman Pembentukan Fraksi-Fraksi masa jabatan 2024-2029.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua Sementara DPRD Provinsi Jawa Barat Taufik Hidayat turut mendampingi Wakil Ketua Sementara DPRD Provinsi Jawa Barat  Iwan Suryawan. Turut hadir Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin.

Taufik Hidayat menyebutkan, pada kesempatan tersebut pihaknya telah menerima usulan dari DPD/DPW partai politik yang berada di DPRD Provinsi Jawa Barat masa jabatan 2024-2029 untuk pembentukan fraksi beserta ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara yang terpilih.

“Merujuk pada Peraturan Pemerintah no 12 Tahun 2018 tentang pedoman Penyusunan Tata Tertib dijelaskan bahwa tugas pokok pimpinan sementara DPRD antara lain adalah memfasilitasi Pembentukan Fraksi-Fraksi. Terkait hal dimaksud kami telah melaksanakan Rapat Pimpinan sementara dengan perwakilan partai politik pada tanggal 5 September 2024 dan telah ditindaklanjuti dengan penyampaian surat kepada ketua DPD/DPW dan Parpol yang ada di DPRD Provinsi Jawa Barat,” jelas Taufik Hidayat, Kota Bandung, Jumat (6/9/2024).

Setelah pengumuman pembentukan fraksi-fraksi beserta Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara yang disampaikan Plh Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat Iis Rostiasih, jumlah fraksi yang sudah terbentuk saat ini adalah Sembilan (9) fraksi yaitu Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Untuk diketahui, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengajukan surat permohonan untuk bergabung dengan Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Provinsi Jawa Barat.

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut