get app
inews
Aa Read Next : Pesona Assos, Permata Aegean di Kaki Gunung Ida Utara Turki 

Fenoma Musim Penyu Tempayan Bertelur di Pesisir Pantai Selatan Turki

Senin, 21 Oktober 2024 | 18:52 WIB
header img
Seorang penyelam menemani penyu tempayan berenang di dasar laut. (FOTO: ISTIMEWA)

Perlu dicatat bahwa para penyu berada di bawah perlindungan dan selama musim bertelur dan menetas, relawan akan berpatroli di pantai pada malam hari untuk memastikan keamanan sarang penyu tersebut.

Terdaftar sebagai spesies yang terancam punah oleh World Union for Conservation of Nature (IUCN), penyu tempayan dapat memiliki rentang hidup selama 70 tahun atau lebih, Mereka mencapai kematangan seksual ketika panjang cangkangnya melebihi 90 sentimeter, biasanya ketika mereka berusia antara 12 hingga 30 tahun. 

Penyu tempayan memulai musim bertelur di kawasan Mediterania pada akhir April dan Mei. Biasanya tiba di pantai saat cahaya bulan. Para penyu tempayan menggali lubang, bertelur di dalamnya, dan kemudian kembali menuju laut. 

Meskipun penyu betina dapat menghasilkan rata-rata 100 telur per sarang, umumnya hanya sekitar 50 persen dari telur-telur tersebut yang akan menetas. Penyu yang baru menetas setelah menyelesaikan masa inkubasinya harus segera menuju perairan dingin Laut Mediterania. 

Namun, hanya dua dari setiap seribu penyu tempayan yang berhasil mencapai laut akan bertahan hidup hingga dewasa.
 
Antalya Rumah bagi Penyu Tempayan 

Pesisir Antalya ini memiliki sembilan dari total 22 pantai peneluran di negara Turki, seperti yang dikonfirmasi oleh Direktorat Jenderal Konservasi Alam dan Taman Nasional (DKMP).

Pantai Patara  yang memiliki Panjang 18 kilometer, merupakan salah satu pantai terpanjang di Turki dan juga di dunia, merupakan salah satu pantai tempat penyu bertelur. 

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut