get app
inews
Aa Read Next : Rawan Tersambar Petir, BPBD Imbau Masyarakat untuk Tunda Daki Gunung di Garut

7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat, Tempat Favorit Para Pendaki

Jum'at, 25 Oktober 2024 | 10:36 WIB
header img
Gunung Papandayan. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Jawa Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejumlah pegunungan. Beberapa gunung bahkan tercatat masih aktif.

Meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi daya tarik bagi para pedaki untuk menginjakan kakinya di puncak Tanah Pasundan.

Dari sekian banyak gunung, beberapa di antaranya menjulang tinggi hingga melebihi 2.000 MDPL. Tak heran bila gunung-gunung tersebut dicatat sebagai seven summit atau tujuh puncak tertinggi di Provinsi Jabar.

Lantas, gunung apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai jadi yang tertinggi di Jabar. Secara administratif, gunung ini masuk wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Puncak Gunung Ciremai berada di ketinggian 3.078 MDPL. Untuk mendakinya, ada dua jalur yang bisa dipilih yaitu jalur Linggarjati di Kabupaten Kuningan dan jalur Apuy di Kabupaten Majalengka.

Menurut catatan berbagai sumber, Gunung Ciremai merupakan gunung api kuarter aktif tipe A, berbentuk strato, dan tipe letusan berupa erupsi eksplosif berskala menengah.

Di gunung ini juga tersimpan dua kawah yang ada di bagian barat dengan radiius 400 m, serta kawah sisi timur yang beradius 600 m.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut