“Jadi secara karakteristik profil UKM kita juga Ini kayaknya paling cocok di sini (Jabar) dan memang dibandingkan tempat lain di sini itu jauh lebih cepat Perkembangan UKM-nya,” tandasnya.
Ditempat yang sama, Kepala Bidang Usaha Kecil, Dinas Koperasi dan UMKM Jabar, Ucup Yusuf menyambut baik kalorarasi ini sebagai upaya mempersiapkan UMK Jabar yang jumlahnya 3 juta Go Internasional.
“Senantiasa mendukung ekspor ke Malaysia dan Singapura dengan logistik yang tepat ninja ekspresi yahh terbaik. Dukungan mempsiapakam umkm yang bagus menuju go global. Kualitas dan kapasitas UMKM Jabar harus ditingkatkan,” katanya.
Pada kesempatan tersebut, Ninja Xpress membagikan 5 strategi utama yang dapat diterapkan UKM Indonesia Agar bisa bersaing dan sukses menembus pasar Malaysia dan Singapura selama Ramadhan.
1. Menawarkan Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan Pasar
Produk seperti busana Muslim, makanan halal, dan suplemen kesehatan memiliki permintaan tinggi di Malaysia dan Singapura selama Ramadan. UKM harus memastikan bahwa produk yang mereka tawarkan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen setempat.
Editor : Abdul Basir