Logo Jatayu Indonesia Diluncurkan, Upaya Perkuat Branding Teh Nasional

Terkait dengan hal itu, Kementerian Perdagangan memiliki target bagaimana mendorong peningkatan tersebut, salah satunya yakni penguatan ekspor teh Indonesia.
“Produksi kita untuk teh itu nomor 8 atau 7 lah di seluruh dunia. Tapi kalau kita bicara ekspornya, kita itu tidak di 10 besar. kita itu berada di peringkat ke-13,” ucapnya.
Bahkan, lanjutnya, beberapa negara yang tidak banyak memiliki lahan teh, tingkat ekspornya lebih tinggi ketimbang Indonesian. Contohnya adalah Polandia, Jepang, Jerman, Inggris berapa atas Indonesia.
“Berarti kan memang ini satu PR untuk kita semuanya. Bagaimana valuasi teh kita ini bisa meningkat gitu kan. Nah ini kan saya harapkan, ini kan Indonesian Tea Marketing Association,”
“Tapi tentu ini bukan hanya PR dari asosiasi pemasaran saja tentu kita harus bersama-sama memikirkan itu,” tandas Fajarin Puntodewi.
Editor : Abdul Basir