Pertama di Asia Tenggara, Duolingo Hadirkan Toko Merchandise Resmi di Indonesia
BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Duolingo, aplikasi belajar bahasa paling populer di dunia meluncurkan Toko Merchandise di Indonesia dan pertama di Asia Tenggara. Berkolaborasi dengan Tokopedia toko ini dijadwalkan dibuka 11 November 2025.
Meskipun berasal dari dua dunia yang berbeda, kolaborasi ini terasa selaras dan relevan bagi masyarakat Indonesia. Selama ini, Duolingo dan Tokopedia kerap dikaitkan melalui meme, komentar, serta berbagai konten buatan pengguna yang beredar di media sosial.
Duo mengambil alih akun Tokopedia dan mengumumkan ‘Bukan Tokopedia, jangan minta promo’ Sementara, Toped muncul di akun Duolingo Indonesia yang tak kalah jenaka dengan menyatakan ‘Saya tidak mengajar bahasa’. Kemudian viral di TikTok dan disambut dengan antusias para penggemarnya.
Tak hanya ramai di media sosial, keseruan kolaborasi ini juga hadir secara offline lewat dua billboard yang berdampingan di pusat Jakarta. Melalui pendekatan yang kreatif, keduanya berupaya ‘meluruskan identitas yang tertukar’ dengan menampilkan karakter dan keunggulan khas masing-masing merek.
Selain itu, pada 2 November 2025, kedua maskot tersebut menghadirkan keseruan lewat K-Pop dance battle di area sekitar Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Baik Duolingo maupun Tokopedia dikenal dekat dengan budaya K-fandom.
SEA Marketing Lead Duolingo. Irene Tong mengatakan melalui Tokopedia sebagai bagian dari kolaborasi ini, Duolingo mengumumkan peluncuran toko merchandise resmi pertamanya di Asia Tenggara, yang akan hadir melalui platform Tokopedia.
“Memperkenalkan karakter dan kekayaan intelektual (KI) kami ke audiens yang lebih luas selalu menjadi bagian penting dari identitas Duolingo,” ujar Irene Tong dalam keterangannya tertulisnya, Kamis (6/11/2025).
Lebih dari sekadar menghadirkan akses belajar bahasa yang menyenangkan dan mudah dijangkau lewat pengalaman yang seru dan gamified, pihaknya juga ingin membangun hubungan yang lebih dekat dengan para pengguna melalui karakter-karakter ikonik kami seperti Duo, Lily, Zari, dan lainnya.
“Kolaborasi kami dengan Tokopedia, platform e-commerce terdepan di Indonesia, untuk meluncurkan toko merchandise resmi pertama Duolingo di Asia Tenggara menjadi langkah penting dalam membawa karakter-karakter ini lebih dekat dengan audiens lokal. Inisiatif ini juga menegaskan komitmen kami untuk terus hadir dan tumbuh bersama Indonesia — salah satu pasar terpenting bagi Duolingo di dunia,” ucap Irene.
Sementara itu, Head of Marketing Tokopedia, Jonathan Theon Locanawan mengungkapkan kolaborasi dengan Duolingo ini menunjukkan komitmen berkelanjutan Tokopedia untuk tetap relevan sekaligus setia pada tujuan dalam memberdayakan berbagai komunitas di seluruh wilayah di Indonesia, serta memperlihatkan kekuatan brand dan IP marketing kami sebagai merek lokal ikonik.
Menurutnya, melalui aktivasi ini, pihaknya berharap jutaan penjual lokal di platform Tokopedia, bersama masyarakat luas, dapat melihat bagaimana Tokopedia terus menjadi destinasi yang tepat untuk #BelanjaAman dan memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari.
“Lebih dari sekadar menghadirkan konten yang relevan dengan audiens, kemitraan ini mencerminkan keyakinan kami bahwa kolaborasi dan inovasi dapat menciptakan dampak yang bermakna sekaligus menjadi contoh positif bagi perkembangan industri digital di Indonesia,” kata Jonathan. (*)
Editor : Abdul Basir