Lompatan Besar MPP Cimahi! Raih Predikat Baik dan 47 Layanan Aktif, Ini Tenant Paling Keren
CIMAHI,iNews BandungRaya.id - Pemkot Cimahi terus berupaya meningkatkan pelayanan publik berbasis digital agar kemudahan akses layanan lebih cepat dan efisien.
Langkah tersebut sejalan dengan visi Kota Cimahi untuk menjadi Kota Pintar (Smart City) dan Kota Sehat, dengan berbasis agama dan budaya.
"Semua potensi akan kami manfaatkan demi mewujudkan kota yang lebih maju dan sejahtera,” kata Wali Kota Cimahi Ngatiyana kepada awak media.
Salah satunya adalah dengan kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi yang akan terus dikembangkan menjadi pusat layanan publik modern.
Berdasarkan penilaian Ombudsman RI, MPP Kota Cimahi mendapatkan predikat baik dalam kepatuhan pelayanan publik pada tahun 2025. Saat ini sudah terdapat 47 tenant layanan yang beroperasi secara aktif di MPP Kota Cimahi.
“Kami terus berinovasi agar layanan di MPP semakin optimal. Selain itu, evaluasi rutin dilakukan untuk memastikan kualitas layanan, baik dari segi kehadiran petugas maupun tingkat kepuasan masyarakat,” ucap Ngatiyana.
Atas hal itu, Pemkot Cimahi juga menyerahkan penghargaan kepada BPJS Kesehatan Cabang Cimahi yang dinobatkan menjadi juara pertama tenant terbaik 2025 dalam penyelenggaraan pelayanan publik di MPP Kota Cimahi.
Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wali Kota Cimahi Ngatiyana, kepada Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar dalam acara yang digelar di Gedung MPP Kota Cimahi, belum lama ini.
Ngatiyana menegaskan bahwa bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas utama yang terus diperhatikan oleh Pemkot Cimahi di bawah kepemimpinan dirinya Bersama Wakil Wali Kota Adhitia Yudisthira.
Dirinya memiliki Program Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat, yang menyediakan BPJS Kesehatan gratis bagi seluruh warga Kota Cimahi. Program ini bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan yang merata dan berkualitas.
"Jadi kami juga ingin memastikan seluruh penduduk Kota Cimahi telah terdaftar sebagai peserta JKN,” imbuhnya.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Cecep Heri Suhendar menyebutkan, penghargaan dari Pemkot Cimahi sebagai bukti nyata atas komitmen yang ditunjukkan BPJS Kesehatan dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
“Penghargaan ini merupakan buah dari upaya besar yang telah dilakukan BPJS Kesehatan bersama stakeholder dalam transformasi mutu layanan kepada peserta JKN," tuturnya.
Hal ini memotivasi pihaknya untuk terus melakukan inovasi demi tercapainya pelayanan yang lebih baik. BPJS Kesehatan akan terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara.
Cecep menjelaskan, seiring dengan pertumbuhan jumlah kepesertaan JKN, diperlukan langkah nyata untuk membuka akses seluas-luasnya dalam memberikan kemudahan akses bagi peserta.
Di sisi pelayanan, BPJS Kesehatan telah menghadirkan Aplikasi Mobile JKN ada fitur-fitur berupa telekonsultasi, skrining riwayat kesehatan, antrean online, hingga fitur i-Care JKN.
Dalam rangka memberikan kemudahan administrasi, tersedia pula layanan administrasi non tatap muka berbasis digital seperti Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), BPJS Kesehatan Care Center 165 hingga BPJS Kesehatan Online.
"Kami membuka tenant di Mal Pelayanan Publik Kota Cimahi. Itu bagian dari inovasi yang dikembangkan berdasarkan customer journey, sehingga harapannya bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat di lapangan," tandasnya. (*)
Editor : Rizki Maulana