get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Gelar Konsolidasi Pemenangan Pilkada 2024

Tuntaskan Kasus Mafia Migor, PDIP Jabar Desak Presiden Jokowi Copot Mendag Lutfi

Rabu, 27 April 2022 | 21:56 WIB
header img
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat mengeluarkan pernyataan tegas terkait kasus mafia minyak goreng (migor). 

Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus mencopot Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi yang dinilainya terseret kasus mafia migor yang kini tengah ditangani Kejaksaan Agung. 

Terlebih, kata Ono, kasus ini menyeret nama Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan yang notabene berada di bawah komando Muhammad Lutfi. 

"Dengan sudah ditangkapnya Dirjen, harusnya ditindaklanjuti dengan dicopotnya Menteri Perdagangan karena menteri ini kan yang membuat kebijakan dan menguasai seluruh perdagangan, termasuk minyak goreng," tegas Ono Surono di Sekretariat DPD PDIP Jabar, Kota Bandung, Rabu (27/4/2022).

Ono menjelaskan, pencopotan Mendag Lutfi bakal menjadi bukti kepada masyarakat bahwa tidak ada keterlibatan pemerintah, dalam hal ini presiden dalam kasus kelangkaan migor.

Selain itu, pencopotan Mendag Lutfi diyakininya bakal membuat penanganan kasus mafia migor oleh penegak hukum menjadi lebih mudah. 

"Dengan adanya peristiwa ini, Presiden Jokowi bisa membuat kebijakan yang baku terkait minyak goreng," kata anggota Komisi IV DPR RI ini. 

Disisi lain, Ono pun meminta kepada para kepala daerah yang berasal dari PDIP untuk memiliki sense of crisis atau merasakan kesusahan yang dialami masyarakat. 

Maka itu, para pimpinan daerah diminta terjun langsung untuk menangani persoalan yang ada di masyarakat saat ini. 

"Saya minta kepada para kepala daerah untuk memiliki sense of crisis, masyarakat bukan hanya susah karena minyak goreng tapi hal lainnya. Karena itu, kepala daerah khususnya yang berasal dari PDI Perjuangan harus memerlihatkan kepeduliannya kepada rakyat di daerahnya masing-masing," tandasnya.(*)

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut