Jabar Jadi Daerah Paling Agresif Dalam Pemanfaatan PI 10% untuk Transisi Energi

Rizal Fadillah
Rakernas Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) di Bali. (Foto: Ist)

“Kategori BUMD Paling Agresif dalam Pemanfaatan Pendapatan PI10% untuk Transisi Energi berhasil diganjar kepada Provinsi Jawa Barat melalui peran PT. Migas Utama Jabar,” kata Taufan dalam keterangannya, Senin (14/11/2022).

Menurut Taufan, lewat ADPMET selaku asosiasi strategis yang memberdayakan energi dan sumber daya mineral khususnya sumber daya alam minyak dan gas bumi serta energi terbarukan berikut segala turunannya, daerah bisa termotivasi bersama untuk meningkatkan kinerja dan manfaat kemudahan akses energi serta kesejahteraan kepada masyarakat.

“Selain itu antar daerah diharapkan dapat saling bersinergi ataupun bertukar pengalaman guna percepatan pengembangan Energi Terbarukan di Daerah,” ujar Taufan.

Direktur Utama MUJ, Begin Troys menyampaikan, MUJ selaku BUMD Induk Jawa Barat yang bergerak dibidang ESDM melakukan langkah optimalisasi potensi energi yang ada dalam rangka pemenuhan kebutuhan energi nasional khususnya di Jawa Barat. Mendukung kebijakan pemerintah melalui Rencana Umum Energi Daerah (RUED) MUJ menjalankan bisnis berbasis energi bersih.

Bisnis yang mendukung tersebut, kata Begin, mulai dari pengelolaan PLTMH di Cirompang Kabupaten Garut, penggunaan Electric Vehicle (EV) serta pengisian listrik secara mandiri dengan hadirnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Layanan listrik berbasis EBT dengan pemasangan PV rooftop juga sudah diterapkan sebagai operasional kantor MUJ.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network