Bumi Makin Mengkhawatirkan, Astronom Temukan Planet Baru yang Layak Dihuni Manusia

Yudi Setyowibowo
Bumi makin mengkhawatirkan, astronom temukan planet baru yang layak dihuni manusia. FOTO/ IST

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Kondisi Bumi makin mengkhawatirkan. Selain usianya yang sudah tua mencapai 4,5 miliar tahun, Bumi rusak karena kenaikan suhu global imbas banyaknya hutan yang digunduli dan polusi kendaran yang makin merajalela.

Maka dari itu, para astronom berjuang mencari planet baru yang layak dihuni oleh manusia. Penemuan itu pun membuahkan hasil, astronom menemukan planet yang dekat dengan bintang katai putih.

Planet yang berjarak sekitar 117 tahun cahaya ini diperkirakan memiliki cukup banyak air yang akan mendukung kehidupan manusia di dalamnya. Planet yang belum memiliki nama tersebut juga terdeteksi di zona layak huni.

Zona layak huni adalah pita di sekitar bintang di mana banyaknya air di planet itu yang akan mendukung kehidupan. Zona ini juga sering disebut sebagai zona Goldilocks, karena jika planet terlalu dekat dengan bintang akan menjadi terlalu panas dan jika terlalu jauh akan terlalu dingin.

Namun di planet baru itu, kondisinya tidak terlalu dingin atau terlalu panas sehingga layak untuk menopang kehidupan manusia.

Editor : Hikmatul Uyun

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network