Masifkan Kolaborasi dengan DUDI, Unpas Jadi Pilot Project Kadin Jabar Goes to Campus

Rizal Fadillah
Kegiatan Seminar Kolaborasi Dunia Usaha dan Industri dengan Pendidikan Tinggi Indonesia Terkait Program MBKM dalam rangka Dies Natalis ke-62 Unpas. (Foto: Ist).

Untuk itu, Kadin Jabar berencana mengadakan kegiatan Kadin Goes to Campus. Unpas dipilih menjadi satu dari 10 kampus yang akan dikunjungi Kadin Jabar untuk penguatan SDM.

“Untuk mahasiswa, kita bisa mulai dengan program magang dan studi lapangan. Sementara dosen, kita bakal sesuaikan agar penelitian yang dilakukan berguna. Kita harus buat komitmen supaya kampus bisa sepenuhnya bersinergi dengan DUDI,” ungkapnya.

Ia menyebut, perguruan tinggi berperan besar dalam merumuskan perkembangan ekonomi desa. Unpas, kata dia, perlu lebih masif mendampingi masyarakat desa dan UMKM, juga membuat produk yang bisa dikomersialisasikan.

“Pemerintah juga harus menetapkan top down mengenai prioritas kebutuhan. Untuk perguruan tinggi, dibanding menerbitkan jurnal yang umumnya berbasis teori, lebih baik mulai memasifkan penelitian yang menghasilkan product catalogue,” tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network