Proyek SPAM Jatigede, Tim KPBU Jabar Road Show ke Calon Pemda Offtaker

Aqeela Zea
Road show tim KPBU Jabar untuk SPAM Jatigede ke Kota Cirebon. Foto: Istimewa

Taufik BS mengatakan, SPAM Jatigede ini adalah yang pertama di Indonesia dengan skema hulu hingga hilir.

"Selama ini proyek SPAM hanya fokus di hulu saja, sehingga pas dioperasikan PDAM atau PDAB sebagai offtaker selalu terlambat dalam penyerapannya, nah insyaallah di SPAM Jatigede ini hulu dan hilirnya dikerjakan secara simultan sehingga air benar-benar bisa langsung ke Sambungan Rumah (SR) warga yang akan menjadi pelanggan tentunya," kata Taufik BS di Kota Cirebon, Rabu (24/5/2023).

Taufik menegaskan, Pemprov Jabar sangat concern terhadap urusan air minum/bersih ini dengan dukungan pendanaan dari Kemenkeu dan infrastruktur dari Kementrian PUPR.

"Kami merasa wajib untuk mengerahkan segala daya upaya agar penyediaan air minum bersih sebagai layanan sosial dasar bisa diwujudkan dan mendapatkan dukungan dari semua pihak yang nantinya akan dibuat Kesepakatan Induk (KI) antara Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Keuangan dan Gubernur, juga Kerjasama antar Daerah dengan Daerah (KSDD) selaku Offtaker sebagai bentuk komitmen bersama dalam pembangunan SPAM Jatigede ini yang berkapasitas 1500 LPS," ujar Taufik.

Sementara itu, Dirut Tirta Jabar, Muhammad Dawam menyebut penyediaan layanan air bersih untuk masyarakat ini merupakan amanat Undang-undang Dasar 1945. 

Editor : Zhafran Pramoedya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network