Hadapi Krisis Dunia, Jokowi Gaungkan Spirit Bandung di Forum KTT BRICS

Rizal Fadillah
Jokowi menghadiri KTT BRICS, di Sandton Convention Centre, Johannesburg, Republik Afrika Selatan. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Selain itu, Jokowi juga menyebut bahwa ancaman lainnya yang juga mengancam kehidupan dunia yakni perubahan iklim.

“Belum lagi, ancaman perubahan iklim yang mengintai umat manusia,” ujarnya.

Oleh sebab itu, untuk menghadapi berbagai situasi tersebut, Jokowi memandang bahwa kolaborasi dan solidaritas antarnegara di seluruh dunia sangat dibutuhkan, seperti halnya saat menghadapi pandemi Covid-19.

“Dari pandemi kita telah diajarkan bahwa krisis global tidak akan bisa selesai kalau kita bekerja sendiri-sendiri atau oleh sekelompok negara saja, dibutuhkan kolaborasi dan solidaritas bersama untuk mengatasinya,” katanya.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa kehadirannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS ke-15 selain untuk Indonesia juga untuk mewakili suara rakyat negara-negara selatan global yang juga menginginkan solusi terbaik untuk menghadapi krisis tersebut.

“Kehadiran saya hari ini bukan hanya sebagai pemimpin Indonesia, tapi sebagai sesama pemimpin the global south, yang mewakili 85 persen populasi dunia, yang inginkan win-win formula,” tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network