Arsan Latif Fokus Penanganan Masalah Dasar Masyarakat, Salah Satunya Sampah

Adi Haryanto
Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat Arsan Latif saat melakukan sertijab dengan Hengki Kurniawan di Kantor Bupati Bandung Barat, Kompleks Pemda KBB, Rabu (20/9/2023). Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat Arsan Latif menargetkan bakal menyelesaikan persoalan dasar di masyarakat. Seperti mengentaskan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, dan juga masalah persampahan yang saat ini dihadapi masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Tugas saya selaku Pj sudah diatur dalam Keputusan Menteri (Kepmen), tambahannya menyelesaikan persoalan-persoalan mendasar di masyarakat," kata Arsan saat ditemui usai sertijab dengan Hengki Kurniawan di Kantor Bupati Bandung Barat, Rabu (20/9/2023).

Dikatakannya, Mendagri telah menekankan kepada semua Pj harus merasakan apa yang dirasakan masyarakat. Jangan sampai ada masyarakat miskin, yang tidak bisa tidak bisa makan, tidak terpantau oleh aparat kewilayahan seperti camat atau kepala desa.

"Bukan hanya sekadar mendengar, tapi merasakan denyut nadi masyarakat, bagaimana kondisinya. Kalau sudah merasakan, kepala daerah harus melakukan tindakan-tindakan tertentu," sambungnya.

Arsan menyebutkan, untuk mengatasi masalah sampah dengan kondisi TPA Sarimukti saat ini diharapkan akan ada solusi dalam waktu cepat. Sebab dirinya sudah berkomunikasi dengan teman-teman yang memiliki kemampuan baik dari sisi keuangan maupun sisi teknis.

Dirinya memohon doa kepada seluruh masyarakat agar persoalan tersebut bisa selesai lebih cepat, sehingga masalah sampah bisa segera tertangani. Bukan menolak sampah tapi menyelesaikan persoalan sampah tanpa menimbulkan masalah dan tanpa membebani APBD.

"Sampah itu adalah urusan yang menjadi kewenangan daerah. Saya tidak mau menyampaikan dahulu tapi dalam waktu dekat akan ada solusi, karena sampah di Bandung Barat masih menjadi pekerjaan rumah imbas dari tragedi kebakaran TPA Sarimukti," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Hengki Kurniawan mengakui banyak hal dan pengalaman baru dalam hidupnya selama menjabat sebagai pimpinan daerah di KBB. Selama lima tahun terakhir ini baik saat menjabat wakil bupati maupun bupati, penerimaan masyarakat KBB sangat luar biasa.

"Saya rasa kebersamaan selama ini alhamdulillah di berbagai kegiatan penerimaan masyarakat Bandung Barat begitu luar biasa," ujarnya.

Banyak hal baru yang dialaminya selama menjabat sebagai pelayan publik di KBB dan menjadi pengalaman baru di hidupnya. Bertemu dengan masyarakat merupakan energi yang luar biasa, misalkan dalam satu hari full empat sampai lima titik tapi ketika masyarakat masih menunggu kemudian antusias dan itu menjadi sebuah energi.

"Saya rutin dalam rangka HUT KBB keliling ke berbagai kecamatan dan suasana yang akan dirindukan. Apalagi sambutan emak-emak yang begitu luar biasa," pungkasnya.

Sebelumnya, Arsan Latif secara resmi dilantik oleh PjGubernur Jawa Barat, Bey Mahmudin di Aula Barat Gedung Sate Bandung. Arsan dilantik sebagai PjBupati Bandung Barat bersama lima Pj Bupati dan Pj Walikota lainnya di Provinsi Jawa Barat untuk mengisi kekosongan hingga adanya pejabat definitif hasil Pilkada Serentak Tahun 2024. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network