Pj Bupati dan Senior Manager Unit PLN IP Saguling POMU Launching Knowledge Centre Bank Sampah

Adi Haryanto
Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif dan Senior Manager Unit PLN IP Saguling POMU Yosefan Johan usai melaunching Knowledge Centre Bank Sampah Sukamaju Sejahtera di Kampung Sukamaju Padalarang, KBB, Kamis 30 November 2023. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Launching Knowledge Centre Bank Sampah diresmikan oleh Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif dan Senior Manager Unit PLN IP Saguling POMU Yosefan Johan. Pada kegiatan itu juga dilakukan serah terima cendera mata kepada Pj Bupati Bandung Barat.

Proses launching Knowledge Centre Bank Sampah Sukamaju Sejahtera di Kampung Sukamaju Padalarang, Kecamatan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dilakukan PLN Indonesia Power Saguling POMU, pada Kamis 30 November 2023.

Seperti diketahui Bank Sampah Sukamaju Sejahtera merupakan salah satu mitra binaan yang menjadi tempat pusat edukasi dan pengolahan sampah menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai jual.

Senior Manager PLN IP Saguling POMU Yosefan Johan menjelaskan, keterlibatan semua elemen masyarakat dan pemerintahan Bandung Barat terutama area Waduk Saguling sangat penting dalam upaya penyelesaian permasalahan sampah.

Banyaknya sampah yang ditimbulkan akan mengakibatkan permasalahan lingkungan yang serius terutama di Waduk Saguling yang  mengakibatkan pendangkalan, menurunkan kualitas air dan menggangu proses produksi listrik energi hijau.

"Diperlukan upaya kolaboratif semua pihak seperti program bank sampah yang didirikan Pak Toni yang sekarang menjadi knowledge center pengolahan sampah, tempat belajar untuk kemudian direplika diberbagai tempat di Kabupaten Bandung Barat," ucapnya.

Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif mengucapkan terima kasih atas dukungan dari PLN IP yang sangat concern dan peduli terhadap permasalahan sampah khususnya di Kabupaten Bandung Barat. Sehingga bisa mengurangi dampak dari sampah yang dihasilkan.

"Saya kagum dan bangga juga terhadap Pak Toni karena sejak Tahun 2017 fokus untuk memikirkan sampah menjadi produk yang sangat bermanfaat dan berguna. Kita akan support untuk dilakukannya replika program ini di Kabupaten Bandung Barat," ujarnya.

Sementara Ketua Bank Sampah Toni Permana menyebutkan, jika sampah bukan sebagai sumber masalah, melainkan sampah sebagai sumber rupiah. Hal ini yang menjadi semangat juang dirinya untuk terus berupaya agar segala sesuatu yang masyarakat nilai tidak berguna, ternyata bernilai jual.

"Semoga PLN IP Saguling POMU juga selalu mendampingi dalam setiap kegiatan Bank Sampah Sukamaju Sejahtera supaya lebih bermafaat bagi masyarakat," harapnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network