Pergerakan Tanah di Cigombong KBB Meluas, 40 Bangunan dan 1 Sekolah Rusak

Rizal Fadillah
Pergerakan tanah di Kampung Cigombong, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB). (Foto/MPI/Ferry Bangkit Rizki)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat, sebanyak 40 bangunan dan 1 sekolah di Kampung Cigombong, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami kerusakan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar, Bambang Imanudin mengatakan, penyebab kerusakan tersebut disebabkan pergerakan tanah yang terus meluas hingga sekitar kurang lebih 2 hektare.

"Ini diperkirakan luasnya hampir 2 hektare terdiri dari rumah rusak berat sebanyak 8 dari yang terdampak sekitar 40 bangunan. Selain itu ada juga 1 gedung sekolah, serta fasilitas jalan yang rusak (akibat meluasnya pergerakan tanah)," ucap Bambang, Senin (4/3/2024). 

Bambang mengakui, pihaknya masih belum mengetahui penyebab pasti dari pergerakan tanah ini. Dia memastikan, hal itu masih dalam kajian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Kendati demikian, pihaknya menduga jika kejadian ini ada kaitannya dengan musim kemarau. 

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network