Polda Jabar Gelar Mudik Presisi 2024 Gratis, Berangkatkan Ratusan Pemudik ke Jateng dan Yogyakarta

Agus Warsudi
Ratusan pemudik diberangkatkan dari Mapolda Jabar ke Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mereka merupakan peserta program Mudik Presisi 2024 yang digelar Polda Jabar. (FOTO: Humas Polda Jabar)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Polda Jabar memberangkatkan ratusan pemudik di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung dan 22 titik polres jajaran, Sabtu (6/4/2024). Para pemudik itu merupakan peserta program Mudik Presisi 2024 yang digelar Polda Jabar dan polres jajaran.

Para pemudik itu mendapatkan pelayanan mudik gratis setelah mendaftar dan lolos seleksi. Seluruh biaya mudik ditanggung Polda Jabar dan polres jajaran.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, untuk program Mudik Presisi 2024 gratis, Polda Jabar dan polres jajaran menyiapkan 68 unit bus yang dapat mengangkut 3.400 pemudik. Sedangkan untuk balik, Polda Jabar dan jajaran menyiapkan 34 unit bus untuk mengangkut 1.700 orang.

"Hari ini, total 223 peserta Mudik Presisi 2024 diangkut menggunakan lima bus diberangkatkan dari Mapolda Jabar dan polres jajaran," kata Kabid Humas. 

Perinciannya, 62 orang ke Yogyakarta, Solo 25, Semarang 3, Purwokerto 11, Boyolali 5, Brebes 5, Magelang 4, Pemalang 5, Wonogiri 5, dan daerah lain di Jawa Tengah 86 Orang.

"Mudik gratis yang diselenggarakan Polda Jabar ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah di kampung halaman," ujar Kombes Pol Jules.

Kabid Humas menuturkan, lima bus Mudik Presisi 2024 melalui jalur utara dan selatan. Jalur selatan, meliputi wilayah Majenang, Wonosari, Purworejo, Bantul, Yogyakarta, Banyumas, dan Banjarnegara.

"Sedangkan utara untuk pemudik tujuan Pekalongan, Salatiga, Solo, Brebes, Tegal, Semarang dan Boyolali," tutur Kabid Humas. 

Dengan mudik gratis ini, kata Kombes Pol Jules Abraham Abast, Polda Jabar mencoba mengeliminir laka atau kecelakaan para pemudik saat arus mudik. 

"Sebab dengan menggunakan kendaraan tidak semestinya untuk perjalanan jauh seperti kendaraan roda dua atau mobil pikap, sangat berisiko," ujar Kabid Humas.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo mengatakan, tujuan Mudik Presisi 2024 beberapa kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, DKI Jakarta dan sekitarnya. "Mudik gratis dilaksanakan 2-6 April 2024. Sedangkan balik 13-20 April 2024," kata Dirlantas.

Kombes Pol Wibowo menyatakan, program mudik gratis ini sebagai upaya mengurangi kepadatan kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024 berlangsung. 

"Puncak arus mudik dan balik diprediksi terjadi pada 6-8 April 2024 jika Idul Fitri 1445 Hijriah ditetapkan jatuh pada 10-11 April. Karena itu kami mengerahkan segala daya agar mudik tahun ini lancar, aman dan nyaman," ujar Kombes Pol Wibowo.

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network