Unpas Kukuhkan 3 Guru Besar, Rektor: Profesor Harus Beretika Jangan Lakukan Plagiasi

Agus Warsudi
Sidang Terbuka Senat Unpas mengukuhkan tiga guru besar ilmu sosial dan politik. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Rektor Universitas Pasundan (Unpas) Prof Dr H Azhar Affandi SE MSc mengatakan, menjadi profesor tidak cukup hanya dengan kompeten di bidangnya, namun harus dibarengi dengan perilaku dan etika untuk menjadi contoh dan tauladan bagi mahasiswa dan masyarakat.

Peenyataan itu disampaikan Rektor Unpas Prof Azhar seusai pengukuhan Guru Besar Unpas di Aula Djuanda Gedung Rektorat Unpas, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Sabtu(27/4/2024).

“Saat ini banyak profesor namun juga banyak kasus plagiarisme karya ilmiah. Karenanya, saya berharap ketika menjadi Guru Besar, maka ada etika yang harus dijunjung tinggi karena menjadi profesor itu bukan hanya kompeten di bidangnya namun juga harus memiliki perilaku dan etika yang menjadi contoh tauladan bagi semua,” kata Rektor.

Prof Azhar menyatakan, saat ini di Unpas, banyak dosen yang meraih posisi lektor dan tinggal satu langkah lagi menuju Guru Besar. Dia berharap, untuk meraih Guru Besar tersebut, mengikuti aturan baku yang telah ditetapkan.

“Diharapkan dalam prosesnya mengikuti aturan yang sudah baku, bukan hanya karya ilmiah yang sifatnya plagiasi. Apalagi saat ini banyak kasus yang muncul jadi selain karya nyata, yang terbarukan, brilian, juga berkaitan dengan etika yang harus dijunjung tinggi,” ujar Prof Azhar yang juga Guru Besar Bidang Ekonomi ini.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network