Dewan Pers Bekali Jurnalis Peliputan Pilkada Serentak 2024 agar Masyarakat Tak Termakan Hoaks

Agus Warsudi
Pilkada Serentak 2024 akan digelar di seluruh provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia. (FOTO: SINDONews/IST)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 baru saja usai pada 14 Februari 2024. Dalam waktu dekat akan diselenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di seluruh Indonesia.

Untuk meningkatkan kinerja para jurnalis dalam meliput tahapan pelaksanaan pilkada nantinya maka Dewan Pers Indonesia menggelar Workshop Peliputan Pemilu dan Pilkada 2024 di Swiss-Belhotel Makassar, Jalan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (27/6/2024). 

Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya mengatakan, salah satu kunci sukses dalam penyelenggaraan pesta demokrasi adalah, terciptanya ruang publik kondusif, sehat, dan bersih dari berita palsu atau fake news serta hoaks. 

Peran pers, kata Agung, sangat penting dalam melakukan edukasi melalui informasi pemberitaan proporsional tentang pemilu dan pilkada. Sehingga, masyarakat dapat diajak untuk berperan mengawasi tahapan persiapan, pelaksanaan, penyelenggaraan, dan peserta pesta demokrasi itu.

“Interaksi masyarakat dalam pemberitaan Pemilu dan Pilkada oleh pers akan sangat membantu untuk melihat parameter tingkat kesuksesan persiapan Pemiludan Pilkada,” kata Agung.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network