Gelaran WJF 2024 Upaya Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Jabar

Rina Rahadian
Beja (Bewara Jabar) di Ruang Publik Disbudpar Jabar, Kamis (25/7/2024). Foto: YouTube Biro Adpim Jabar.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-79 pada 19 Agustus 2024, Pemprov Jabar kembali menggelar West Java Festival (WJF) 2024.

WJF 2024 akan digelar selama dua hari, pada 23-24 Agustus 2024 yang dipusatkan di Gedung Sate Bandung.

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan WJF 2024, menjadi salah satu cara bagi Pemprov Jabar dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

“Memang jumlah wisatawan ke Jabar itu tiap tahunnya meningkat. Tahun 2022 masih di bawah 48 juta wisatawan, tahun 2023 naik jadi 64 juta wisatawan, dan tahun ini insya Allah tercapai targetnya,” ujar Benny, usai acara Beja (Bewara Jabar) di Ruang Publik Disbudpar Jabar, Kamis (25/7/2024).

“Tahun ini awalnya kami ditargetkan 84 juta wisatawan, tapi Pak Sekda menargetkan 100 juta. In Syaa Allah mudah-mudahan bisa terpenuhi,” imbuhnya.

Disinggung mengenai gelaran WJF ini, Benny mengatakan bahwa ini merupakan event yang rutin diadakan tiap tahun.

“Tahun ini WJF digelar pada 23 dan 24 Agustus 2024 di Gedung Sate. Beda dengan tahun lalu yang lebih kepada farewell party, kan bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Gubernur Ridwan Kamil, makanya tahun lalu sampai di dua tempat, Gedung Sate dan Stadion Siliwangi,” paparnya.

WJF tahun ini akan dirangkaikan juga dengan acara Harvesting Program Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia. 

“Ini kami sangat yakini akan menarik minat para wisatawan,” kata Benny.

“Selain itu, WJF ini kami harapkan juga bisa ijadikan rujukan bagi masyarakat untuk lebih mengenal keunggulan sektor pariwisata dan budaya yang ada di Jawa Barat,” imbuhnya.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat menyebut, gelaran WJF setiap tahunnya menghasilkan sejumlah transaksi yang cukup tinggi.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Jabar M Lukmanul Hakim mengatakan, di WJF tahun 2023, total belanja di Festival Konsumen Cerdas (Koncer) mencapai Rp3 miliar.

“Untuk WJF tahun ini kita lebih tekankan pada diversifikasi atau keragaman produk. Jadi produk-produk UMKM yang kita tampilkan nanti adalah produk yang telah tersertifikasi atau terstandarisasi sehingga masyarakat lebih paham,” ungkap Lukman.

“Dan UMKM yang nanti ikut WJF dipastikan lebih banyak ketimbang WJF tahun lalu, kira-kira lebih dari 100 an UMKM, dan pastinya juga produk-produk yang dihadirkan kualitasnya tidak kalah saing dengan produk luar,” imbuhnya.

Lebih lanjut Lukman mengungkapkan, bahwa program Konsumen Cerdas (Koncer) dalam WJF 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai hak dan kewajiban sebagai konsumen, serta mendorong perilaku konsumsi yang lebih bijak dan berkelanjutan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network