Ditinggalkan PKS & Golkar, Apakah PDIP & Nasdem akan Bangun Poros Koalisi Baru? Ini kata Pengamat

Ude D Gunadi
koalisi Alus Pisan pecah? PDIP diperkirakan akan keluar dari koalisi dan membangun poros koalisi baru

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID -- Partai Golkar sudah menentukan siapa calon bupati dan wakil bupati Bandung yang akan diusung dalam Pilkada 2024. Pada 1 Agustus lalu partai berlambang beringin ini menetapkan Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati, yang diumumkan oleh Ketua DPD Partai Golkar Jabar H. Ace Hasan Sadzily.

Sahrul Gunawan adalah wakil bupati saat ini dan calon bupati yang diusung Partai Golkar. Sedangkan Gun Gun Gunawan adalah Ketua DPD PKS Kabupaten Bandung yang calon bupati dari partai tersebut.

Dua partai ini berada dalam Koalisi Alus Pisan yang terdiri dari Partai Golkar, PKS, dan PDIP. Pada penetapan dan pengumuman Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan sebagai calon bupati dan wakil bupati tidak ada sama sekali perwakilan dari PDIP.

Kemana partai berlambang banteng moncong putih ini?

Pengamat politik CDCS (Central for Development And Cultural Studies) Yayat Supriatna mengatakan sepertinya PDIP ditinggalkan dua temennya di koalisi. "Apalagi sebelum pengumuman malah Sahru diundang DPP PDIP, tetapi seperti tak ada informasi akan ada penetapan calon bupati dan wakil bupati dari Golkar dan PKS," kata Yayat saat dikonfirmasi Sabtu (3/8/2024).

Ia menjelaskan, atas dasar itu bisa saja PDIP keluar dari Koalisi Alus Pisan dan membuat poros sendiri. Sebelumnya Partai Nasdem berkunjung ke PDIP dan mengungkapkan untuk membangun kekuatan baru.

"Walaupun belum cukup kursi atau suara, bisa saja kekuatan itu digalang dan menjadi kekuatan baru," kata Yayat.

Ia menjelaskan, belum semua partai saat ini sudah memberi keputusan terkait Pilkada 2024 ini. Hal ini memungkinkan terbentuknya poros koalisi baru. Sehingga, katanya, Pilkada 2024 di Kabupaten Bandung akan diikuti sebanyak tiga pasang calon, yakni Dadang Supriatna-Ali Syakieb, Sahrul Gunawan-Gun Gun Gunawan, dan satu pasangan dari PDIP dan Nasdem atau mitra koalisi lainnya. Kabar yang beredar pasangannya dari kalangan artis juga.

"Kalau pertarungan seperti itu, diikuti 3 pasang calon, dipastikan Pilkada akan berjalan sengit," katanya. ***

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network