Pemerintah Ajak Masyarakat Tangkal Radikalisme di Media Sosial

Abbas Ibnu Assarani
Talkshow Literasi Digital. (Foto:Istimewa)

BANDUNG,iNewsBandungraya.id  - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Talkshow Literasi Digital di Kabupaten Bekasi, Selasa (13/8/2024).

Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Plaza dengan tema “Tangkal Radikalisme di Media Sosial” diikuti ribuan orang yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Dakwah dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bekasi yang ke 74 Tahun.

Kegiatan tersebut menghadirkan 3 Narasumber yakni, Aidil Wicaksono membahas soal Etika Digital, kemudian Ismita Putri terkait Budaya Digital dan Rizky Ardi Nugroho mengisi materi Aman Digital. Ketiga nya merupakan Trainer dari Kominfo yang memiliki segudang ilmu tentang Literasi Digital.

Aidil Wicaksono mengatakan Radikalisme di media sosial dapat mengambil berbagai bentuk, seperti menyebarkan kebencian, provokasi, dan ajakan kekerasan. Dampaknya sangat serius, termasuk polarisasi, perpecahan, dan ancaman terhadap keamanan nasional. Dan berpikir kritis adalah kunci untuk menghindari pengaruh radikalisme di media sosial. 

“Kita perlu memeriksa sumber informasi, mencocokkan dengan fakta, dan menghindari bias dalam menilai konten,” ujarnya.

Etika digital dan upaya bersama untuk menangkal radikalisme online merupakan kunci untuk menciptakan ruang digital yang aman, harmonis, dan bermanfaat. Dengan memperkuat nilai- nilai luhur dan mewaspadai bahaya radikalisme, kita dapat membangun ekosistem digital yang sehat dan berkelanjutan

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network