Pilwalkot Bandung 2024, 1.700 Polisi Dikerahkan Amankan Pemungutan Suara di 3.590 TPS

Agus Warsudi
Kabagops Polrestabes Bandung AKBP Sumari. (FOTO: AGUS WARSUDI)

Polrestabes Bandung, tutur Kabagops, mengerahkan 2/3 kekuatan atau sekitar 1.700-an personel untuk mengamankan Pilwalkot Bandung 2024. Pengamanan ini yang dibantu TNI dan instansi terkait, termasuk linmas yang akan mengamankan semua tahapan pilkada ini sampai selesai ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji wali kota dan wakil wali kota terpilih.

"Jumlah untuk sementara belum ditetapkan DPT, dan untuk DPS 1.890.607. Sebanyak 3.590 TPS tersebar di Kota Bandung. Setiap TPS kami amankan," tutur Kabagops.

AKBP Sumari mengatakan, Polrestabes Bandung telah memetakan kerawanan TPS. "Jadi untuk 20 TPS kurang rawan masing-masing dijaga dua personel polisi dan linmas. Itu bervariasi. Untuk TPS rawan, kami tempatkan dua polisi dan 4 linmas. Sedangkan TPS sangat rawan, 1 TPS itu dua polisi dan dua linmas," ucap AKBP Sumari. 

Kabagops menyatakan, pengelenggaran Pilkada Kota Bandung 2024 dalam proses pentahapan. Saat ini, persiapan pendaftaran bakal cawalkot-cawawalkot. Kemudian, pemeriksaan persyaratan administrasi dan penetapan pasangan calon yang memenuhi syarat. 

"Jadi sekarang alhamdulillah tahapan pilkada di Kota Bandung lancar. Polrestabes Bandung sudah siap. Kemarin kami latihan praoperssi (latpraop) internal kepolisian. Jadi kami sudah siap untuk antisipasi. Besok kami melakukan gelar pasukan dari semua instansi termasuk TNI Polri," ujar Kabagops.

Editor : Ude D Gunadi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network