Kiprah Politik Kang Ace Diabadikan dalam Buku, Konsisten Perjuangkan Kepentingan Rakyat

Agus Warsudi
Kang Ace memberikan buku kepada Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar MQ Iswara. (Foto: Agus Warsudi)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kiprah politik Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily kembali mencuri perhatian publik setelah merilis buku “Kami Bersama Kang Haji Ace: Kiprah Politik Tb Ace Hasan Syadzily 2019-2024” di Ballroom Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (28/9/2024).

Pada acara peluncuran buku yang juga dikemas sebagai bentuk tasyakuran anggota DPR RI terpilih pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 dari Dapil Jabar 2, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat itu, dihadiri sejumlah tokoh dan ratusan relawan pemenangan Kang Haji Ace.

Buku ini mengungkap perjalanan karier politik Ace Hasan sebagai anggota DPR RI yang konsisten memperjuangkan kepentingan rakyat, terutama di masa-masa krisis pandemi Covid-19, serta kiprah dalam memimpin dan mengonsolidasikan Partai Golkar di Jawa Barat dan nasional.

Dalam buku yang ditulis oleh Ali Thaufan Dwi Saputra tersebut, Ace Hasan tidak hanya disebut sebagai politisi biasa. Dia dianggap sebagai tokoh berani dalam mengambil inisiatif dalam penanganan pandemi Covid-19, mulai dari kampanye protokol kesehatan, pembagian bantuan sembako kepada warga terdampak, hingga advokasi kebijakan perlindungan sosial. 

Saat itu, Ace menjabat Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan agama, sosial, pemberdayaan perempuan, dan penanggulangan bencana.

Selain kiprah di parlemen, peran Ace di Partai Golkar juga mendapat sorotan. Selama menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jabar Ace berhasil membawa partai berlambang pohon beringin tersebut memenangkan pemilu di wilayah dengan jumlah pemilih terbesar di Indonesia. 

Di tengah dinamika politik yang terjadi, Ace mengambil pendekatan saintifik dan melibatkan tokoh-tokoh ulama untuk memastikan soliditas internal partai.

“Berkat kekompakan dan soliditas seluruh kader, kami berhasil menjaga kemenangan Golkar di Jawa Barat,” ujar Kang Ace Sapan akrab Tb Ace Hasan Syadzily.

Selain di Jawa Barat, Kang Ace juga memiliki peran strategis di DPP Partai Golkar. Dia dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Media dan Penggalangan Opini di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto. 

Dalam peran ini, Kang Ace kerap tampil di berbagai media untuk menyuarakan kebijakan dan gagasan partai, termasuk saat mengonsolidasikan dukungan untuk pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Buku ini juga mengungkap peran Kang Ace turut mendorong reformasi di internal Partai Golkar. Dia aktif menggalang Gerakan “Golkar Bersih,” sebuah inisiatif untuk mewujudkan partai politik lebih bersih dan berintegritas. 

Gerakan ini, di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto, berhasil membawa partai ke arah yang lebih progresif.

Di tengah kesibukan aktivitas politik, Kang Ace tetap menjalankan perannya sebagai pendidik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

“Mengajar adalah panggilan jiwa. Saya selalu menyempatkan waktu untuk berbagi ilmu,” kata Kang Haji Ace yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar 2024-2029 dibawah kepemimpinan Bahlil Lahadalia dalam buku tersebut.

Buku “Kami Bersama Kang Haji Ace” menjadi bukti kontribusi besar Ace Hasan bagi rakyat dan Partai Golkar, terutama dalam menghadapi tantangan berat seperti pandemi dan dinamika politik. Ace berharap rekam jejak ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda, terutama mereka yang berkiprah dalam dunia politik.

Dengan berbagai pencapaiannya, Ace Hasan Syadzily disebut-sebut sebagai salah satu politisi yang membawa angin segar bagi perpolitikan Indonesia di masa mendatang, baik di parlemen maupun dalam tubuh Partai Golkar.

Dalam sambutannya, Kang Ace mengatakan, buku "Kami Bersama Kang Haji Ace" disusun oleh Ali Thaufan Dwi Saputra yang merupakan tenaga ahli. Buku ini merupakan dokumentasi perjalanan karier politik selama lima tahun.

"Alhamdulillah berkat kerja keras para relawan, tahun ini saya kembali terpilih menjadi anggota DPR RI. Perolehan suara di Dapil Jabar 2, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat naik dari 77.000 menjadi 107.000," kata Kang Ace.

Karena itu, Kang Ace berkomitmen tidak akan melupakan jasa para relawan dan tim sukses yang telah bekerja keras untuk meraih kemenangan itu. "Jadi acara ini acara ini merupakan tasyakur binnikmah selama 5 tahun jadi anggota DPR RI dan terpilih kembali," kata Kang Ace.

Sementara itu, Ali Thaufan Dwi Saputra mengatakan, senang dan bangga bisa terus bersama Kang Ace. Karier politik Kang Ace cemerlang. Sosok Kang Ace disegani dan dihormati. 

"Buku ini berisi ide dan gagasan Kang Ace. Selama 5 tahun terakhir, Kang Ace mengagregasi berbagai bantuan sosial dan pendidikan, terutama pesantren dan madrasah," kata Ali Thaufan.

Ali menyatakan, sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Kang Ace berhasil membawa Golkar menang di Jawa Barat pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. "Buku ini diharapkan menjadi panduan bagi para politisi muda," ujar Ali.

Hadir dalam acara itu, Sekretaris DPD Golkar Jabar MQ Iswara, Bendahara Umum DPD Partai Golkar Jabar Metty Triantika, politisi senior Yod Mintaraga, Yomanius Untung, Cabup Cianjur Deden Nasihin, caleg DPR RI terpilih Daniel Mutaqqin, dan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung Sugianto.

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network