Cawalkot Bandung Arfi Rafnialdi Terima Berbagi Masukan dari Pegiat Event

Abbas Ibnu Assarani
Calon Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi (kedua dari kiri) saat diskusi dengan pegiat event bertajuk '‘Bandung Darurat Festival’ di Kopitera, Jalan Burangrang Kota Bandung, Minggu (29/9/2024) malam. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Calon Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi menerima berbagai masukan dari para pegiat event saat diskusi bertajuk ‘Bandung Darurat Festival’ di Kopitera, Jalan Burangrang Kota Bandung, Minggu (29/9/2024) malam.

Arfi Rafnialdi mendengarkan banyak masukan dari para pelaku industri kreatif di bidang seni pertunjukan di Kota Bandung. Keluhan utama yang disampaikan, di antaranya sulitnya menggelar event besar di Kota Bandung.

Kendala yang dihadapi para penyelenggara event tersebut, seperti sulitnya mendapatkan perizinan, mahalnya biaya tak terduga dari pungutan liar oknum-oknum, baik dari aparat sendiri maupun kelompok masyarakat. Juga tidak adanya kepastian keamanan dan kenyamanan bagi pelaku event dan masyarakat penonton.

Contoh yang paling update, yakni dengan dipindahkanya venue konser grup band Sheila on 7 yang awalnya akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, menjadi di Stadion si Jalak Harupatan, Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu (28/9/2024) lalu.

Hal tersebut berawal karena tidak keluarnya izin pertunjukan dari Kepolisian, serta persyaratan lainnya yang sulit dipenuhi penyelenggara. Jadilah konser bertajuk ‘Tunggu Aku di Bandung’ tersebut dipindah ke Soreang.

Menurut Gio Vitano dari komunitas event organizer Backstagers, pemindahan venue dari Kota Bandung ke luar kota, sudah sering terjadi. Hal tersebut karena sulit dan ribetnya mengurus perizinan serta mahalnya ongkos ilegal yang harus ditanggung penyelenggara. 

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network