Christian Julianto Sebut Perda Nomor 8 2023 Bisa Dukung Koperasi dan Usaha Mikro

Rizal Fadillah
Anggota DPRD Kota Bandung, Christian Julianto. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Peraturan Daerah (Perda) Kota Bandung Nomor 8 Tahun 2023 tentang Kemudahan, Pemberdayaan, Pengembangan, Pengawasan dan Pelindungan Koperasi dan Usaha Mikro sudah disahkan sejak 2023.

Anggota DPRD Kota Bandung, Christian Julianto mengatakan, Perda ini sudah menyesuaikan dengan peraturan perundangan yang terbaru.

"Usia Perda ini sudah satu tahun, karena ditetapkan pada Agustus 2023. Ada beberapa hal yang baik dan bisa mendukung dunia koperasi dan usaha mikro di Kota Bandung," ucap Christian dalam keterangannya, Kamis (17/10/2024).

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini mencontohkan, dari jumlah pendiri koperasi yang semula 20 orang menjadi 9 orang.

"Ini sudah sesuai peraturan diatasnya dan mempermudah persyaratan mendirikan koperasi," ujarnya.

Selain syarat pendirian, ada pasal-pasal lain juga yang mengatur pengembangan, pemasaran, hingga permodalan koperasi.

"Kita berharap dengan adanya Perda ini, lebih banyak koperasi yang aktif dan menggerakan perekonomian di Kota Bandung," ungkapnya.

Begitu pula dari usaha mikro yang juga diatur dalam Perda ini. Ada pasal yang mengatur mengenai bantuan hukum dan pemulihan usaha mikro.

"Kita berharap dapat menjadi hal positif bagi pelaku usaha mikro," harapnya.

Selama periode 2019-2024 lalu, kata Christian, DPRD dan Pemerintah Kota Bandung cukup banyak memperhatikan sektor perekonomian. Hal ini ditunjukan dengan ditetapkannya beberapa perda yang terkait bidang ekonomi. 

"Harapannya Pemkot terus melakukan sosialisasi terhadap Perda ini dan juga peraturan turunannya agar diketahui masyarakat," imbuhnya. 

Christian mengatakan, semua dokumen Perda dapat diakses di JDIH. Namun akan lebih baik jika peraturan dan program pemkot terus disosialisasikan melalui berbagai kanal media dan sosial media.

"Tujuannya tentu agar mempermudah warga Kota Bandung," sebutnya.

Christian mengaku, pihaknya belum melihat ada Perwal terkait Perda no 8 tahun 2023 .

"Setau saya perwalnya belum ada, bisa dicek langsung ke bagian hukum/dinas untuk lebih pastinya," ujarnya.

Christian mengatakan, terkait Perda ini Dinas koperasi dan UKM juga sudah memiliki program Salapak, atau sarana layanan pemasaran produk koperasi dan UMKM.

"Program ini merupakan upaya untuk membantu pemasaran produk koperasi dan UMKM sebagaimana diatur dalam perda," ucapnya.

Untuk sosialisasi sendiri, pihaknya berharap agar dapat lebih gencar terus disosialisasikan baik melalui media maupun media sosial.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network