Fenoma Musim Penyu Tempayan Bertelur di Pesisir Pantai Selatan Turki

Agus Warsudi
Seorang penyelam menemani penyu tempayan berenang di dasar laut. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Setiap musim semi, terjadi fenomena menarik di pesisir pantai selatan Turki. Saat itu, berdatangan ratusan caretta caretta atau penyu tempayan bertelur di sepanjang pesisir Laut Mediterania tersebut.

Kawasan ini menjadi habitat penyu tempayan paling produktif di dunia. Pemerintah Turki melindungi habitat penyu tempayan itu untuk menjaga kelestariannya.

Penyu tempayan memiliki 22 habitat tempat bertelur di sepanjang pesisir pantai selatan Turki yang terletak di Provinsi Mugla, Antalya, Mersin, Adana, dan Hatay.

Pantai-pantai tersebut meliputi Dalyan, Ekincik, Sarigerme, dan Fethiye di Mugla; Patara, Demre, Kumluca, Çirali, Tekirova, Belek, Kizilot, Demirtas, dan Gazipasa di Antalya; Anamur, Delta Göksu, Davultepe, Alata, dan Kazanli di Mersin; Akyatan, Sugözü, dan Yumurtalik di Adana; dan pantai Samandag di Hatay. Namun, penyu tempayan sebagian besar bertelur di sekitar Pantai Antalya dan Mugla.
 
Penyu tempayang mulai berdatangan ke tepi pantai untuk bertelur pada akhir April. Mereka berenang diperairan sekitar Pantai Iztuzu yang terkenal di dunia, di distrik Ortaca, Mugla, dan di sekitar Pantai Patara di Antalya. 

Pantai tersebut menyediakan habitat tempat bertelur bagi makhluk laut pemalu ini antara Mei hingga Agustus. Para pecinta alam berkunjung untuk mengamati penyu tempayan.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network