Catatan Sejarah Sepak Bola Tanah Air, 4 Skuad Timnas Indonesia Siap Berlaga di Piala Asia

Rina Rahadian
Timnas Indonesia. Foto: Dok. PSSI.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kesuksesan Timnas Indonesia U-17 lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025 melengkapi prestasi dua tim Garuda lainnya, yakni tim senior dan U-20, yang juga telah memastikan diri berlaga di edisi Piala Asia mendatang.

Sebelumnya, Timnas U-23 juga tampil di babak utama Piala Asia 2024 di Qatar dan berhasil melaju hingga babak semifinal.

Atas pencapaian bersejarah ini, di mana empat timnas dari berbagai kategori berpartisipasi di putaran final Piala Asia, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pemain, tim pelatih, ofisial, dan pengurus PSSI. 

"Ini benar-benar catatan sejarah karena semua kategori timnas kita bisa berlaga di babak utama Piala Asia. Ini menunjukkan bahwa level kita telah meningkat dalam waktu yang relatif singkat. Saya mengapresiasi kerja keras seluruh pemain, tim pelatih, ofisial, dan pengurus PSSI, karena pencapaian ini terwujud berkat usaha kolektif dan program yang telah dicanangkan," ujar Erick, dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (28/10/2024).

Ia menambahkan, melihat prestasi Timnas U-23 yang berhasil melaju hingga semifinal di Piala Asia 2024, peluang untuk mencetak prestasi serupa sangat terbuka.

"Timnas U-23 telah membuktikan bahwa sebagai debutan bisa melaju ke semifinal dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia, Jordan, dan Korsel. Artinya, timnas Merah Putih lainnya bisa mengikuti jejak mereka di putaran final Piala Asia nanti. PSSI akan memberikan dukungan maksimal agar prestasi mereka terus bersinar," lanjut Erick.

Selain itu, Erick juga menghargai kinerja dua pelatih nasional, Indra Sjafri dan Nova Arianto, yang telah berhasil membesut timnas-timnasnya mengukir prestasi.

"Ada peningkatan kualitas pelatih kita. Coach Indra dan Nova telah membuktikan hal itu. Ada transfer pengetahuan dari STY kepada coach Nova yang sebelumnya menjadi asistennya. Nova juga pernah menjadi asisten coach Indra. Ini yang saya harapkan, pelatih berpengalaman berbagi ilmu dengan pelatih muda," kata Erick.

Timnas Indonesia U-17 lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025 setelah menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik di fase kualifikasi.

Tim Garuda Muda menjadi runner-up Grup G setelah bermain imbang tanpa gol melawan Australia di laga terakhir, Minggu (27/10/2024). Piala Asia U-17 2025 akan digelar di Arab Saudi pada April 2025.

Sebelumnya, timnas senior juga telah memastikan lolos ke Piala Asia 2027 yang akan berlangsung pada Januari 2027 di Arab Saudi, setelah Jay Idzes dkk. melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan status runner-up grup F di bawah Irak.

Sementara itu, Timnas U-20 berhasil mengunci tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2025 di China setelah menjadi juara Grup F. Indonesia finis teratas dengan tujuh poin setelah bersaing dengan Yaman, Timor Leste, dan Maladewa, menang atas Timor Leste dan Maladewa, serta imbang 1-1 dengan Yaman.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network