get app
inews
Aa Read Next : Tembus Pasar Internasional, 54 Ton Ubi dan Jahe Kabupaten Bandung Diekspor ke Malaysia

Buktikan Punya Taji, Masker Buatan SMKN 1 Losarang Tembus Pasar Internasional

Sabtu, 05 November 2022 | 13:49 WIB
header img
Anak didik di SMKN 1 Losarang tengah membuat karya. Foto: Ist

INDRAMAYU, INEWSBANDUNGRAYA - Satu dari dua Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah IX Jawa Barat (Jabar) sudah membuktikan tajinya. Karya buatan anak didik SMKN 1 Losarang bahkan dipesan sampai ke China.

Produk yang digarap SMKN 1 Losarang adalah masker kain. Diakui Wakil Kepala bidang Humas SMKN 1 Losarang, Aan Sulistyawan, produksi pelajar anak didiknya itu bahkan bisa menembus pasar internasional.

Momen itu bertepatan dengan pandemi Covid-19 pada 2020 hingga 2021 lalu. SMKN 1 Losarang kebanjiran permintaan dari mitra industri untuk produk masker kain hasil karya anak didiknya ini.

Aan mengatakan, kerja sama industri yang dilakukan sekolahnya adalah penyediaan masker kain itu. Industri yang bekerjasama dengan sekolahnya adalah perusahaan China yang memiliki cabang di Jabar, yakni PT Yalong.

"Selama kurang lebih dua tahun, produksi masker kain di kirim ke China. Produksinya mencapai 20 ribu masker kain," kata Aan.

Kendati demikian, permintaan masker kainnya di masa pemulihan pascapandemi Covid-19 tidak sebanyak beberapa tahun ke belakang. Tak berdiam diri, sekolahnya tetap berusaha untuk produktif.

Upaya yang dilakukan SMKN 1 Losarang adalah dengan mengalihkan produksi masker kain menjadi hijab. Rencana ini terus diupayakan untuk bisa segera dilaksanakan.

"Usai pandemi, produksi masker akan dialihkan ke jenis produksi kain lainnya seperti pembuatan hijab. Kita tengah persiapkan untuk hal itu dalam waktu dekat ini," ujar Aan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut