get app
inews
Aa Read Next : Besok Bakal Ada Ledakan saat Terjadi Gerhana Matahari Total, Ini Kata BMKG

Bumi Makin Mengkhawatirkan, Astronom Temukan Planet Baru yang Layak Dihuni Manusia

Rabu, 30 November 2022 | 15:42 WIB
header img
Bumi makin mengkhawatirkan, astronom temukan planet baru yang layak dihuni manusia. FOTO/ IST

Penelitian tersebut sudah diterbitkan dalam pemberitahuan bulanan Royal Astronomical Society. Pemimpin penelitian, Prof Jay Farihi dari University College London mengatakan, pengamatan itu benar-benar baru bagi para astronom. 

"Ini pertama kalinya sesuatu terlihat di zona layak huni katai putih. Dengan demikian, ada kemungkinan kehidupan di dunia lain yang mengorbitnya," ungkap Prof Jay, kepada BBC News.

Di saat kondisi alam semesta mati, bintang yang sangat besar akan menjadi lubang hitam, sedangkan yang lebih kecil seperti matahari akan menjadi katai putih.

Katai putih merupakan bintang yang telah menggunakan semua bahan bakar nuklirnya dan kehilangan lapisan luarnya. Ukurannya seukuran planet dan memancarkan cahaya putih kebiruan saat pertama kali terbentuk.

Kemungkinan planet yang berjarak 117 tahun cahaya dari Bumi ini diperkirakan 60 kali lebih dekat ke bintang daripada jarak Bumi ke matahari.

Sayangnya, tim peneliti belum memiliki bukti langsung tentang keberadaan planet tersebut. Namun pergerakan 65 struktur seukuran Bulan yang mengorbitnya, menunjukkan bahwa planet baru yang layak huni itu benar-benar ada.

Jarak struktur dalam hubungannya satu sama lain yang tidak berubah pun menunjukka, bahwa mereka berada di bawah pengaruh gravitasi planet di sekitarnya.

“Sungguh mengejutkan kami, gerakannya sangat tepat sebagai planet," kata Prof Jay.

Kini, Prof Jay bersama astronom lainnya pun berusaha lebih keras lagi untuk menemukan bukti lain dari planet tersebut, sehingga benar-benar layak dihuni manusia.

"Ini menjadi pemicu bagi para astronom untuk secara aktif mencari bukti langsung adanya planet di sekitar katai putih," pungkasnya.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut