get app
inews
Aa Read Next : DPRD Dorong Pengembangan Usaha Mikro Jabar

Tol Cisumdawu Akan Beroperasi saat Liburan Natal dan Tahun Baru 2023, Tembus Hingga ke Cimalaka

Rabu, 14 Desember 2022 | 16:56 WIB
header img
Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi - Pamulihan sepanjang 11,4 kilometer. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Kabar baik datang dari Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). Tol ini akan difungsikan menyongsong liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Kepastian beroperasinya Tol Cisumdawu terungkap saat Komisi IV DPRD Jabar melakukan konsultasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady mengatakan, pihaknya ingin memastikan penyelesaian pembangunan jalan tol di Jabar menjelang akhir 2022 ini. Salah satunya Tol Cisumdawu yang diharapkan beroperasi secara keseluruhan pada 2023.

"Kami ingin memastikan sampai sejauh mana BPJT mengontol pengaturan jalan tol, khususnya ruas-ruas yang ada di Jawa Barat. Ini berkaitan dengan seluruh ruas yang masih dalam tahap pembangunan," kata Daddy dalam keterangannya, Rabu (14/12/2022).

Menurut Daddy, keseluruhan jalan tol yang ada di Jabar hingga hari ini terdapat 21 ruas. Dari keseluruhan ruas itu, total panjangnya 1.074 kilometer. Rinciannya: panjang yang sudah beroperasi 620 km, dalam tahap konstruksi 135 km, serta dalam tahap persiapan 319 km.

Tol Cisumdawu dan Tol Getaci adalah dua tol yang paling mendapat sorotan. Hal ini dapat dipahami mengingat begitu sangat strategisnya kedua ruas ini. Jadi, tiak aneh jika para wakil rakyat itu memberikan perhatian serius.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut