get app
inews
Aa Read Next : KPP Pratama Majalaya Ajak Masyarakat Lapor SPT Tahunan Tepat Waktu

Sejarah Kalua Jeruk, Oleh-Oleh Khas Ciwedey yang Pernah Dicicipi Bung Karno

Kamis, 12 Januari 2023 | 11:34 WIB
header img
Kalua Jeruk, makanan oleh-oleh khas Ciwidey. Foto: tangkapan layar/@sahrulgunawanofficial

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Salah satu kawasan di Kabupaten Bandung, Ciwidey ternyata memiliki oleh-oleh yang melegenda. Namanya adalah Kalua Jeruk yang berasal dari Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung.

Kalua Jeruk merupakan makanan olahan dari kulit jeruk bali. Apabila wisatawan hendak beriwisata ke Ciwidey, pasti melewati kawasan tersebut yaitu Pasir Jambu.

"Sejak puluhan tahun silam, Kalua Jeruk menjadi oleh-oleh bagi yang berwisata ke Ciwidey jauh sebelum stroberi ada di kawasan tersebut," kata Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan dalam unggahan Instagram pribadinya @sahrulgunawanofficial.

Sahrul Gunawan menjelaskan, keberadaan Kalua Jeruk tidak terlepas dari seorang warga bernama Eneh Sutinah. Dia merupakan orang yang pertama kali membuat Kalua Jeruk.

"Pada 1925 Eneh mendirikan warung yang menjual kalua jeruk di rumahnya," tulis mantan pemain Jun di serial Jin & Jun itu.

Pada mulanya, lanjut Sahrul, Eneh hanya membuat Kalua sebagai camilan. Tetapi banyak orang berdatangan untuk membeli Kalua buatannya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut