get app
inews
Aa Read Next : Intip 5 Fakta Menarik Film Kungfu Panda 4 yang Sedang Tayang di Bioskop

5 Fakta Menarik Barongsai, Singa Lincah dari China dalam Tradisi Imlek

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:12 WIB
header img
Ilustrasi Barongsai. (Foto: Unsplash/Donny Haryadi)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Tak lama lagi, umat Tionghoa akan menyambut Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili. Perayaan Imlek sendiri jatuh pada Minggu (22/1/2023).

Ada salah satu tradisi menarik untuk disaksikan dari setiap perayaan Tahun Baru Imlek, yakni pertunjukan barongsai yang diiringi musik nyaring untuk membakar semangat para pemain barongsai tersebut.

Ya, barongsai sendiri sudah menjadi bagian dari budaya China sejak lama. Seni pertunjukan ini diyakini bukan sekadar hiburan, tetapi simbol spiritual.

Lantas, apa saja fakta menarik dibalik tradisi barongsai? Dilansir dari laman China Highlights, berikut ulasannya:

1. Simbol di Balik Barongsai

Dalam budaya China, singa melambangkan kekuatan, kebijaksanaan, dan keunggulan. Orang-orang menghadirkan pertunjukan barongsai diyakini agar membawa keberuntungan sekaligus mengusir roh jahat.

Di perayaan Imlek, barongsai hadir sebagai simbol pembawa kemakmuran dan keberuntungan. Dengan menghadirkan barongsai, ini juga diharapkan membawa sukacita dan kebahagiaan bagi orang lain.

2. Kostum Barongsai

Satu barongsai biasanya dibawakan oleh dua orang, satu bertugas menjaga kepala, satunya lagi tubuh bagian belakang. Agar konsepnya semakin nyata, kaki penari dipakaikan kostum serupa dengan badan barongsai.

3. Musik Barongsai

Musik yang mengiri barongsai biasanya bersuara sangat nyaring, hingga Anda dibuat terpana. Alat musik yang dipakai di pertunjukan barongsai umumnya genderang, gemerincing simbal, dan gong.

4. Tarian Barongsai

Di beberapa pertunjukan, barongsai kerap menampilkan atraksi kelincahan, silat, hingga atraksi lain sesuai dengan gaya dari barongsai yang ingin ditampilkan. Beberapa pertunjukan menampilkan aksi ekstrem.

5. Gaya Barongsai: Tiongkok Selatan dan Tiongkok Utara

Ya, gaya barongsai ternyata dibagi menjadi dua kubu, yakni selatan dan utara. Tarian barongsai selatan biasanya menunjukkan gerakan perilaku singa dengan penekanan gerakan seperti mencakar, menggoyangkan tubuh, atau menjilati bulu.

Pertunjukan barongsai selatan umunya ada unsur lucu dan menggemaskan. Itu kenapa di beberapa pertunjukan dilibatkan properti seperti bola yang akan dimainkan barongsai.

Lain halnya dengan barongsai utara. Gaya utara lebih mengedepankan kungfu dengan gerakan super lincah. Tariannya akan menampilkan gerakan senam, guling-guling, bergulat, melompat, memanjat, hingga berdiri.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut