get app
inews
Aa Read Next : Golkar Sulit, Koalisi PDIP-Gerindra Langkah Tepat bagi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024

Tuntutan Perangkat Desa se-Indonesia soal Masa Jabatan Sulit Diwujudkan

Rabu, 25 Januari 2023 | 17:01 WIB
header img
Para perangkat desa se-Indonesia unjuk rasa ke depan Gedung DPR RI. Foto: MPI

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Tuntutan masa jabatan para perangkat desa dibatasi hingga 60 tahun nampaknya sulit untuk diwujudkan. Sebab perangkat desa berbeda dengan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, jabatan politik terbatas dengan periodisasinya. Sementata jabatan birokrasi semisal ASN maksimal pensiun usia 65 tahun.

"Perangkat desa ini bukan ASN, sulit juga untuk merealisasikan itu keliatannya," kata Ujang saat dihubungi, Rabu (25/1/2023).

Ujang menegaskan, status perangkat desa saat ini bukan merupakan ASN. PNS jabatannya bisa sampai 58 tahun, minimal untuk pensiun dan batas usia pensiun maksimal 65 tahun.

Kendati demikian, aspirasi tersebut harus didengar oleh DPR dan pemerintah. Perwakilan rakyat itu, lanjutnya, mesti mencari solusinya bagaimana.

"Mungkin perangkat desa juga bingung ketika melihat setiap pemilihan selalu terancam pekerjaannya, takut diganti dan sebagainya, sehingga hari ini demonstrasi ingin selamanya begitu," ujar Ujang.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut