get app
inews
Aa
Read Next : Jelang Lebaran 2024, Kemantapan Jalan Provinsi di Jabar Capai 83,9 Persen

Gegara Tahun Politik, Alasan Penurunan Anggaran Perbaikan Jalan di Jabar Tuai Sorotan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 15:22 WIB
header img
Pengamat menyoroti anggaran perbaikan jalan di Jabar alami penurunan. Foto: Ilustrasi/Sindo

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Perbaikan jalan provinsi di Jawa Barat masih menemui jalan terjal. Terlebih ada visi "Jalan Mulus" (Jamu) yang menjadi janji kampanye Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

Anggaran perbaikan jalan provinsi di Jabar menurun diketahui dari alokasi APBD terhadap Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jabar. Dari yang semula Rp1,3 triliun pada 2022, menjadi Rp1,1 triliun pada 2023.

"Betul ada penurunan anggaran dibandingkan dengan tahun 2022. Jadi memang kita memahami kondisi ini. Terlebih, pada 2024 akan ada Pilkada serentak dan Pemilu," kata Kepala DBMPR Jabar, Bambang Tirtoyuliono dalam keterangannya, Rabu 3 Agustus 2022.

Menanggapi itu, pengamat politik dari Unjani, Arlan Siddha menilai, ada pemahaman yang kurang tepat terkait menurunnya anggaran pada DBMPR Jabar.

Menurutnya, tak dipungkiri pada tahun politik akan ada banyak biaya yang dikeluarkan. Apalagi demokrasi di Indonesia bukan yang murah meriah tetapi super mahal.

Hanya saja, narasi penurunan anggaran di dinas tersebut jangan digiring karena tahun politik. Sebab ini akan menjadi persoalan, mengingat dinas tersebut mengurusi persoalan infrastruktur termasuk jalan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut