get app
inews
Aa Read Next : Warga Sukaresmi Kian Khidmat Beribadah usai Masjid As-Sa'adah Bantuan PLN Selesai Dibangun

Deretan Tempat Wisata Religi di Karawang, Cocok untuk Ngabuburit saat Bulan Puasa

Rabu, 15 Maret 2023 | 19:40 WIB
header img
Makam Syekh Quro. (Foto: Instagram @purninaminage)

Masjid yang didirikan oleh Syeh Quro, seorang penyebar Islam dari Champa pada tahun 1418 itu menjadi ikon kebanggaan masyarakat Karawang akan sejarahnya yang panjang.

Dari tampilan fisik, arsitektur masjid sudah mengalami banyak perubahan. Pada awalnya, bangunan masjid tak lebih dari sebuah surau kecil dari kayu gaharu dengan atap berbentuk limas tunggal.

Seiring perkembangan, perubahanpun dilakukan secara besar-besaran dimasa Bupati Karawang pertama Singaperbangsa tahun 1633, dan pemugaran kedua di masa bupati Sumarno Suradi tahun 1950 , sehingga bentuk masjid menjadi seperti yang sekarang kita saksikan.

Tingginya nilai historis Masjid Agung dan ketokohan Syeh Quro membuat masjid ini banyak dikunjungi peziarah, yang datang sekadar mengingat sejarah penyebaran Islam di masa lalu, ataupun menikmati suasana damai di lingkungan mas jid dan melakukan ibadah di dalamnya.

2. Makam Syeh Quro

Tidak hanya masjid buatannya yang ramai dikunjungi masyarakat, tapi makam sang pendiri, Syeh Hasanudin atau lebih populer dengan sebutan Syeh Quro juga tak kalah ramai dikunjungi para peziarah.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut