get app
inews
Aa Read Next : Golkar Jabar Terima Silaturahmi Demokrat, Kang Ace: Tak Menutup Kemungkinan Berkoalisi di Pilkada

Tolak Israel Main di Piala Dunia U-20, Ledia Hanifa: Jangan Cederai Konstitusi

Rabu, 22 Maret 2023 | 21:33 WIB
header img
Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Ledia Hanifa Amaliah tolak Timnas Israel U-20 main di Piala Dunia U-20. Foto: Antara

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Penolakan terhadap Timnas Israel U-20 berlaga di ajang Piala Dunia U-20 kian deras, tak terkecuali dari Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKS, Ledia Hanifa Amaliah.

Menurut Ledia, penolakan terhadap Timnas Israel U-20 lebih kepada persoalan kemanusiaan. Pasalnya, Israel hingga saat ini masih menjajah Palestina.

"Sementara konstitusi kita menolak penjajahan. Bahkan, penjajahan harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," kata Ledia saat dikonfirmasi, Selasa (21/3/2023).

Oleh karena itu, sudah sewajarnya apabila Timnas Israel U-20 tidak diikutsertakan dalam ajang Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia, mengingat Indonesia memiliki hubungan diplomatik yang baik dengan Palestina.

"Jadi agar tidak mencederai konstitusi, nggak usah izinkan tim Israel main di Indonesia," tegasnya.

Sebelumnya, beberapa organisasi masa Tanah Air menolak kehadiran Israel U-20 di Indonesia. Bahkan, Gubernur Bali, Wayan Koster sempat mengirimkan surat kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) yang menolak kedatangan Israel U-20 ke Indonesia.

Dalam surat tersebut diketahui bahwa Bali menolak kedatangan Timnas Israel U-20. Penyebabnya, perbedaan pandangan politik Indonesia terhadap Israel kepada Palestina.

“Kami menyampaikan sudut pandang bahwa kebijakan politik Israel terhadap Palestina yang tidak sesuai dengan kebijakan politik pemerintah Republik Indonesia,” tulis keterangan dalam surat itu.

Sekadar inofrmasi, Piala Dunia U-20 2023 akan segera berlangsung. Ajang pesta sepak bola kelompok usia 20 tahun tersebut akan terlaksana di Indonesia pada 20 Mei 2023 sampai 11 Juni 2023.

Piala Dunia U-20 2023 diikuti 24 negara dari penjuru dunia. Saat ini, 24 negara yang akan ambil bagian di Piala Dunia U-20 2023 pun sudah diketahui. Dari 24 negara, salah satunya adalah Timnas Israel U-20.

Israel U-20 berhak berlaga di Piala Dunia U-20 2023 setelah mampu menembus final Piala Eropa U-19 2022. Israel U-20 merupakan wakil dari Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA). Termasuk Israel U-20, ada juga Inggris U-20, Prancis U-20, Italia U-20, dan Slovakia U-20, yang merupakan wakil UEFA.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut