get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Suara Gerindra Kangkangi Golkar, Ridwan Kamil Diprediksi Terjun di Pilgub Jabar

Selasa, 30 Mei 2023 | 09:14 WIB
header img
Skenario memaksa Ridwan Kamil terjun di Pilgub Jabar 2024. Foto: Twitter/@golkar_id

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kemungkinan besar akan terjun di Pilgub Jabar 2024. Opsi ini bisa terjadi jika skenarionya suara Partai Gerindra bisa mengalahkan Golkar di Pemilu 2024.

Ridwan Kamil atau Emil sejauh ini memang belum memutuskan langkah politiknya pasca masa jabatan sebagai orang nomor satu di Jabar berakhir September 2023 mendatang. Namun pilihannya mengerecut setelah hasil survei menyebut suara Emil bagus di Pilgub Jabar dan DKI Jakarta.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai, Pileg 2024 menjadi penentuan bagi Golkar menentukan calonnya untuk Pilgub Jabar. Terlebih, Gerindra yang kini kedatangan eks kader Golkar, Dedi Mulyadi besar kemungkinan ingin merebut kursi Jabar 1.

"Kalau Gerindra lebih unggul dari Partai Golkar, kesempatan Ridwan Kamil untuk didukung atau diusung menjadi calon gubernur di Jabar mungkin terjadi. Ini pertarungannya semakin sengit dan seru," kata Ujang saat dikonfirmasi, Selasa (30/5/2023).

Dengan demikian, genderang "perang" Pilgub Jabar akan memanas sejak Pileg 2024. Mengingat hasil pileg tersebut yang akan digunakan sebagai tiket menuju pesta demokrasi di Jabar pada tahun depan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut