get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Rute Penerbangan di BIJB Kertajati, Pemprov Jabar Berupaya Turunkan Biaya Avtur

Lama Tak Ada Kasus, Jabar Bakal Deklarasikan Diri Sebagai Provinsi Bebas Rabies

Senin, 26 Juni 2023 | 15:59 WIB
header img
Acara diskusi Gaspol PWI Pokja Gedung Sate di Hotel Citarum, Bandung. (Foto: Ist)

Pihaknya memastikan, semua vaksin ini bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. Selain itu, pihaknya juga akan mendistribusikan ke klinik-klinik swasta.

"Kami dari dinas provinsi distibusi ke kabupaten/kota terutama untuk daerah-daerah yang bisa dikatakan endemis rabies nah nanti mereka yang mengatur teknisnya berapa klinik berapa puskesmas nanti didistribusikan," jelasnya.

Yoni mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya bakal menggelar deklarasi mandiri mengingat sudah tiga tahun lamanya tidak ada kasus rabies pada hewan di Jabar.

"Karena untuk deklarasi bahwa 1 provinsi itu bebas Rabies harus dari Kementerian Pertanian jadi kami mau self declare bahwa sudah 3 tahun lebih tidak ada kasus rabies pada hewan jadi kabupaten/kota juga semangat sebantar lagi bebas rabies," terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Jabar, Yudi Koharudin mengaku, pihaknya sudah sangat rutin membahas kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) bersama DKPP Jabar.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut