get app
inews
Aa Read Next : Pesta Seks Secara Orgi di Apartemen Jaksel Dibongkar Polisi, Peserta Bayar Rp1 Juta per Orang 

Ini Asal Usul Nama Jagakarsa di Jakarta Selatan

Jum'at, 14 Juli 2023 | 15:01 WIB
header img
Setu Babakan di Jagakarsa yang berada di kawasan Jaksel. (Foto:Antara)

Pangeran Jagakarsa atau Jaga Raksa merupakan keturunan Raden Fattah dari Demak yang ditugaskan untuk menghadapi serangan Portugis di Sunda Kelapa. Pangeran Jagakarsa membuat pemukiman di wilayah ini sejak tahun 1526 Masehi.

Secara geografis, wilayah Jagakarsa ini cukup strategis untuk dijadikan benteng pertahanan atau permukiman yang tersembunyi. Ditambah wilayah ini kaya akan hasil bumi dan air yang melimpah sehingga sangat menunjang sistem pemerintahan.

Keberadaan mereka yang berada di Jagakarsa demi memperkuat pasukan Kesultanan Demak yang akan menghadapi Portugis di Marunda Kelapa. Di samping itu karena jalur ini berdekatan dengan wilayah Kerajaan Pajajaran.

Pangeran Jagakarsa sendiri semasa hidupnya dikenal sebagai ulama yang tawadhu, alim, dan sederhana. Sampai akhir hayatnya beliau dikenal sebagai orang yang zuhud. Beliau bahkan melarang makamnya dibuat bagus karena khawatir dikultuskan.

Sehingga tidak heran sampai saat ini makam beliau masih berbentuk sederhana. Makam beliau juga tidak pernah dipasangi pelang nama karena memang beliau tidak senang dengan ketenaran.

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut