get app
inews
Aa Read Next : Berjasa bagi Negara, TNI AU Usulkan Soerjadi Soerjadarma Jadi Pahlawan Nasional

Bey Tunggu Usulan Masyarakat soal Pergantian Nama BIJB Jadi Bandara Abdul Chalim

Sabtu, 11 November 2023 | 16:19 WIB
header img
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. (Foto: Ist)

Untuk diketahui sebelumnya, Abdul Chalim merupakan salah satu tokoh pendiri organisasi IsIam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdatul Ulama (NU).

Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Jabar, Reiza D. Dienaputra mengatakan, usulan Abdul Chalim sebagai Pahlawan Nasional dilakukan bersama dengan beberapa nama lainnya. 

"Alhamdulillah (Abdul Chalim) ditetapkan masuk jadi satu di antara enam pahlawan nasional yang akan ditetapkan pada tanggal 10 November," ucap Reiza, Rabu (8/11/2023).

Reiza menjelaskan, sosok Abdul Chalim sendiri merupakan ulama dari tatar Sunda yang jarang masyarakat mengetahui sejarah perjalanan ulama asal Majalengka itu. Adapun namanya ditetapkan sebagai pahlawan nasional bersama lima tokoh lainnya dari Indonesia. 

"Jadi beliau itu adalah tokoh pendiri NU dan satu-satunya ulama yang berhasil di tatar Sunda yang mendirikan Nahdlatul Ulama dan tidak banyak orang yang tahu itu. Jadi akhirnya ditetapkan dia bersama dengan lima pahlawan nasional dari provinsi lainnya," tuturnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut