get app
inews
Aa Read Next : Polda Jabar Pastikan Masih Cari Tiga Pembunuh Vina di Cirebon yang Buron

Polda Jabar Dalami Motif Anggota Ormas GMBI yang Naiki Patung Maung Lodaya

Senin, 31 Januari 2022 | 17:34 WIB
header img
Polda Jabar mengamankan sejumlah Anggota Ormas GMBI terkait aksi unjuk rasa yang berujung pengrusakan fasilitas Polda Jabar beberapa waktu. Senin (31/1/2022). (foto: Istemewa)

BANDUNG, iNews.id - Polisi mengamankan GG anggota Ormas GMBI yang terbukti melakukan pengrusakan fasilitas milik Polda Jabar saat aksi unjuk rasa yang berujung rusuh di Mapolda Jabar beberapa waktu lalu.

Selain merusak fasilitas, GG juga sempat viral lantara menaiki patung maung Lodaya dimana patung tersebut merupakan simbol Polda Jabar.

"Jadi tersangka ini (GG) selain melakukan pengrusakan pagar, dia naik ke atas pagar dan naik ke atas patung," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (31/1/2022).

Ibrahim mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pendalaman kepada GG terkait pasal yang nantinya akan diterapkan. 

"Patung merupakan simbol dan marwah, ini kebanggan dari Polda Jawa Barat. Jadi simbol-simbol ini bisa kita proses, tapi kita dalami nantinya. Jadi penghinaan terhadap simbol itu bisa kita dalami, nanti kita proses lanjut," tuturnya.

Selain itu, Polda Jabar juga telah berhasil menangkap dan menetapkan 12 pentolan GMBI yakni berinisial MFR, M ABAH, IRM, SBI, SN, SF, CP, AR, GG, GP, TSH, dan WN. 

12 orang tersebut, akan dipersangkakan dengan Pasal 160, dan atau Pasal 170, dan atau Pasal 406, serta Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP ancaman hukumannya 7 tahun penjara. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut