get app
inews
Aa Read Next : Thailand Pimpin Industri Kesehatan dan Kecantikan di Pasar Asia Tenggara

Pj Bupati Minta Dinas PUTR Lakukan Kajian Keamanan Bangunan RSUD Lembang

Kamis, 07 Desember 2023 | 23:10 WIB
header img
Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif memantau kerusakan bangunan RSUD Lembang yang terimbas TPT longsor sehingga meminta Dinas PUTR untuk mengkaji keamanan bangunannya. Foto/Dok.Prokompim

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) serta Dinas Kesehatan melakukan kajian cepat.

Hal itu setelah tembok penahan tanah (TPT) RSUD Lembang ambruk pada Senin 4 Desember 2023 lalu. Sehingga mengakibatkan adanya retakan dan pergeseran bangunan yang dapat mengancam keamanan dan keselamatan.

"Saya miris melihat kondisi RSUD Lembang seperti ini karena ini bisa mengancam jiwa para pegawai dan pasien," ucapnya, Rabu 6 Desember 2023.

Dia menilai kondisi bangunan RSUD Lembang yang terus mengalami retakan dan pergeseran bangunannya dipandang sudah tidak layak dan dapat mengancam keselamatan. Padahal tingkat kunjungan pasien merupakan paling tinggi dibanding RSUD lain di KBB.

Arsan pun mengakui jika dari 3 RSUD yang dimiliki Pemda KBB, yakni RSUD Lembang, RSUD Cililin, dan RSUD Cikalongwetan, bangunan RSUD Lembang merupakan rumah sakit dengan kualitas bangunan paling parah.

"Untuk itu saya sudah perintahkan Dinas PUTR dan Dinas Kesehatan untuk memberikan solusi terbaik secepatnya. Karena, terus terang saya sangat miris melihat kondisi ini dan jangan sampai masyarakat jadi korban," tuturnya.

Dirinya meminta secepatnya Dinas PUTR dan Dinas Kesehatan untuk memberikan saran dan rekomendasi terbaik sebagai solusi menyelesaikan permasalahan ini. Sebab ini menyangkut dengan pelayanan rumah sakit dan keselamatan banyak orang.

Dikatakannya, kesehatan merupakan salah satu pelayanan dasar bagi masyarakat dan dirinya bertekad untuk menyelesaikan permasalahan ini secepatnya. Lembang diketahui merupakan salah satu tujuan wisata dengan populasi penduduk paling tinggi di KBB.

Jangan sampai buruknya kualitas bangunan RSUD Lembang menimbulkan permasalahan lebih lanjut yang dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Kendati begitu, Arsan mengaku salut kepada jajaran manajemen dan para petugas medis RSUD Lembang yang masih bertahan memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

"Ini merupakan salah satu pelayanan dasar masyarakat dan sudah jadi kewajiban saya sebagai Pj Bupati untuk segera menyelesaikan persoalannya, apapun alasannya," tegasnya.

Seperti diketahui pada Senin 4 Desember 2023 lalu, TPT belakang yang ada di bagian utara RSUD Lembang ambruk setelah turun hujan deras sejak hari Minggu.

Imbas dari kejadian itu berdampak pada bertambahnya lebar retakan dinding dibeberapa titik dan kemiringan bangunan hingga 12 derajat sehingga ruang kerja manajemen dikosongkan untuk sementara waktu. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut