get app
inews
Aa Read Next : Bebas Kendaraan Setiap Akhir Pekan, Ini Dia Tiga Spot Tempat Wisata di Braga

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Ciamis yang Cocok untuk Liburan Keluarga saat Akhir Pekan

Jum'at, 19 Januari 2024 | 17:07 WIB
header img
Waterboom Tirta Sumberjaya Cipangalun. (Foto: Dok. Rahmat Ramadhan)

Situ Lengkong juga menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu Ciamis, memiliki 3 buah nusa yang masing-masing digunakan sebagai tempat bangunan istana kerajaan, kepatihan, dan staf kerajaan dulunya.

2. Objek Wisata Budaya Ciungwanara

Objek Wisata Budaya Ciungwanara atau dikenal juga dengan nama Karangkamulyan adalah salah satu situs arkeologi bercorak Hindu-Sunda yang ada di Kabupaten Ciamis.

Karangkamulyan menjadi lokasi didirikannya Kerajaan Galuh oleh Wretikandayun pada tahun 612 serta menyimpan benda peninggalan sejarah kerajaan galuh seperti pancalikan, sanghyang bedil, panyabungan ayam, lambang peribadatan, cikahuripan, panyandaan, pamangkonan,makam adipati panaekan, dan patimuan.

Objek Wisata Budaya Ciungwanara dipilih untuk menyimpan Gong Perdaamaian Dunia dengan alasan nilai-nilai kesepakatan dan perdamaian yang sudah ada di Kerajaan Galuh.

Dibukanya Pusat Budaya Karangkamulyan menambah keragaman wisata dan tentunya belajar sejarah Kerajaan Galuh rasanya paling benar jika datang langsung ke Objek Wisata Budaya Ciungwanara serta menjadikan referensi yang pasti.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut