get app
inews
Aa Read Next : Ketua Kadin KBB Terpilih Ingin Gaspol, Tarik Investor Kembangkan Potensi dari Multi Sektor

Disperkim dan Kemensos Datangi Rumah Kandang Domba yang Viral, Tawarkan Dua Opsi

Senin, 05 Februari 2024 | 15:18 WIB
header img
Kepala Disperkim, KBB, Anni Roslianti melakukan verifikasi lapangan ke kediaman pasangan suami istri Sukiman (34) dan Siti Sopiah (32), di Kampung Legoknangka, RT 02/09, Desa Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Senin (5/2/2024). Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), KBB, Anni Roslianti bersama perwakilan Kementerian Sosial (Kemensos) RI mendatangi kediaman pasangan suami istri Sukiman (34) dan Siti Sopiah (32), Senin (5/2/2024).

Rumah keluarga tersebut yang berada di Kampung Legoknangka, RT 02/09, Desa Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu viral dan menjadi sorotan. Pasalnya pasutri beranak satu itu sehari-hari tinggal dan tidur satu atap dengan kandang domba.

"Kami melakukan verifikasi untuk melihat fakta di lapangan supaya syarat dan kriteria bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) nantinya tepat sasaran," kata Anni.

Dia menjelaskan, tanah yang dipakai kandang domba adalah tanah warisan yang dibeli oleh Sukiman dari orangtuanya. Kemensos dan Disperkim KBB lalu berinisiatif mengumpulkan ahli waris yang berjumlah tujuh orang untuk membuat surat pernyataan bahwa tanah yang dibeli bukan sengketa.

Ini mengingat awalnya tanah itu milik neneknya, hanya saja Sukiman tidak mengetahui persis tanah yang dibeli berapa luasnya. Apalagi dirinya membeli tanah tersebut tanpa ada bukti tertulis dan hanya membayar uang senilai Rp4 juta.

Berdasarkan keterangan Sukiman, sebenarnya mereka selama ini tinggal di rumah adiknya yang bernama Anah. Mereka tidak bermalam satu atap dengan kandang domba, tapi dua hari terakhir "dipindahkan" ke tempat tersebut untuk menghindari pencurian ternak.

"Jadi selama ini Pa Sukiman tinggal dengan adiknya, namanya Bu Anah, dan bukan di kandang domba. Itu pengakuan dari Pa Sukiman langsung saat kami verifikasi," terang Anni.

Berdasarkan fakta tersebut, lanjut Anni, Kemensos menawarkan dua opsi pilihan, yakni mau dibawa ke sentra Kemensos atau tinggal di rumah Ibu Anah sampai kandang dombanya dinyatakan layak huni.

Pihak Kemensos rencananya akan kembali melakukan peninjauan apakah Sukiman masih tinggal di kandang domba itu atau tidak.

Apabila masih tinggal di kandang domba, maka Sukiman akan disuruh membuat surat pernyataan bahwa dia sendiri yang ingin tinggal di tempat tersebut. Diketahui di kandang itu terdapat total 4 domba, yakni dua milik Sukiman dan dua lagi milik orang lain.

Anni menegaskan, pemerintah daerah bukan tidak peduli dengan permasalahan ini karena tidak langsung turun dan memberikan bantuan ke keluarga Sukiman. Namun seluruh kegiatan harus menempuh prosedur, apalagi diketahui yang bersangkutan baru membuat KK dan KTP sebagai warga disitu pada 21 Desember 2023.

"Sesuai arahan pimpinan kami menyampaikan surat pernyataan ke Pa Sukiman dengan disaksikan kepala desa, bahwa Pemda KBB melalui Disperkim akan memperbaiki rumah tersebut sesuai ketentuan. Sebab di Desa Campakamekar, berdasarkan keterangan kepala desa ada 30 rutilahu yang belum tertangani," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Pemda KBB telah berupaya terus mengurangi jumlah RTLH yang berdasarkan data ada sebanyak 23.839 unit. Kemudian di tahun 2018 pemerintah merehabilitasi 2.473 unit, tahun 2019 sebanyak 1.140 unit, tahun 2020 sebanyak 741 unit, tahun 2021 sebanyak 1.746 unit. Sementara di tahun 2022 sudah merehabilitasi 1.385 unit dan tahun 2023 sebanyak 233 unit.

"Secara total kami sudah melakukan penanganan RTLH sebanyak 7.718 unit dan kini tinggal tersisa 16.121 unit RTLH yang belum tertangani karena keterbatasan anggaran setiap tahunnya," pungkas Anni. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut